Resmi Dibuka, “Pojok Baca” Siap Kuatkan Literasi

Selasa, 24 April 2018 | 20:04 WIB


Penguatan literasi mahasiswa Program PPG SM-3T Angkatan VI UNMUL menjadi perhatian utama bagi pihak Pengelola Program PPG Universitas Mulawarman. Hal ini ditunjukkan dengan dukungan yang diberikan berupa bantuan buku-buku materi perkuliahan. Buku-buku ini dikelola melalui perpustakaan asrama yang diberi nama Pojok Baca. Acara serah terima telah dilaksanakan pada tanggal 2 April 2018 lalu, sekaligus pembukaan Pojok Baca.

Dalam kesempatan ini turut hadir Koordinator Program PPG UNMUL, Prof. Dr. Makrina Tindangen, M. Pd. Beliau berpesan agar mahasiswa Program PPG dapat memanfaatkan Pojok Baca untuk meningkatkan kemampuan literasi terutama dalam hal publikasi karya ilmiahnya.

Berlokasi di Asrama PPG UNMUL, Jalan Harmonika nomor 5 Samarinda Ulu, Pojok Baca mendapat respons yang sangat positif dari mahasiswa. Hal ini terlihat dari frekuensi kunjungan dan peminjaman yang cukup tinggi, terlebih jika hari libur kuliah. Menurut tim pengelola Pojok Baca, rata-rata pengunjung datang ke Pojok Baca untuk meminjam buku. Diungkapkan oleh Ella Puspitasari, S. Pd, pengunjung Pojok Baca Prodi Pendidikan Fisika, bahwa buku-buku yang ada di Pojok Baca sangat membantu mencari referensi terutama untuk menyelesaikan tugas-tugas saat menyusun perangkat pembelajaran selama lokakarya.

Pojok Baca yang dikelola oleh Tim Literasi PPG SM-3T UNMUL Angkatan VI ini mempunyai sistem yang sama dengan perpustakaan, Pojok Baca melayani peminjaman dan kunjungan bagi mahasiswa yang ingin menambah wawasan lewat membaca. Koleksi buku di Pojok Baca berjumlah 88 buku nonfiksi, sementara untuk buku fiksi untuk saat ini masih belum tersedia.

Pojok Baca tidak terbatas pada kegiatan perpustakaan saja. Pojok Baca memiliki pilihan kegiatan lain yang dapat meningkatkan kemampuan literasi mahasiswa Program PPG, dianataranya bedah buku, latihan kepenulisan, berbagi ide kepenulisan melalui kegiatan Pojok Ngopi, menggiatkan minat baca di kalangan masyarakat melalui kegiatan Pojok Baca Jalan-Jalan, dan juga penggalangan donasi buku dari dan untuk mahasiswa.

Dalam waktu terdekat Tim Pengelola Pojok Baca akan menggiatkan penambahan koleksi buku melalui kegiatan donasi buku dari dan untuk mahasiswa serta pengajuan permohonan buku ke Perpustakaan Daerah. Hal ini bertujuan meningkatkan minat pengunjung dan memberikan lebih banyak pilihan referensi untuk menambah wawasan.

Reportase: PPG SM-3T Angkatan VI UNMUL
Editor: Akhiruddin HaeR
Final Editor: Yektiningtyastuti

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *