Program PPG FKIP Unpak Gelar Program Bakti Sosial di Kelurahan Katulampa Bogor

Kamis, 27 September 2018 | 8:15 WIB


 

Program PPG FKIP Universitas Pakuan, Bogor, Jawa Barat, melakukan bakti sosial di Kelurahan Katulampa, Bogor. Kegiatan ini sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan.

Kegiatan dibuka dengan membacakan Alquran dilanjutkan laporan yang disampaikan oleh Agus Maulana sebagai ketua pelaksana kegiatan yang bertema Pelangi (Pekan Lestari Lingkungan). Menurut dia, PPG diselenggarakan untuk meningkatkan mutu guru. “Tujuan diselenggarakannya program Pendidikan Profesi Guru adalah untuk meningkatkan mutu guru agar guru lebih profesional dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawabnya,” ujar Dr. Entis Sutisna, M.Pd. Wakil Dekan Bidang Akademik FKIP Unpak. “Jadi, kegiatan tersebut bertujuan untuk memperbanyak guru yang profesional dan kegiatan ini merupakan salahsatu wujud pengembangan karakter peduli lingkungan,” ujarnya.

Kegiatan Pelangi kali ini antara lain bersih lingkungan dengan mengangkut sampah sampah yang ada di Sungai Katulampa, penanaman pohon dan penghijauan di sekitar kawasan Jalan Ertiga, dan membuat lubang biopori di kampung warna-warni.

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kegiatan atau kontribusi mahasiswa PPG yang berjumlah 47 orang yang didampingi oleh panitia dan instruktur dalam menyelamatkan lingkungan di Kota Bogor dengan cara berinisiatif dan bekerja sama melakukan berbagai upaya dalam penyelamatan lingkungan. Aksi kegiatan perorangan hingga komunitas kecil atau besar serta aksi nyata merupakan hal yang diperlukan oleh lingkungan bukan hanya sebatas slogan saja.

Dengan semangat tersebut, mahasiswa PPG Prajabatan Universitas Pakuan ingin mengamalkan salah satu tri dharma perguruan tinggi dalam rangka bakti sosial sebagai wujud pengabdian pada masyarakat serta berinisiatif untuk melakukan kerja sama dengan seluruh elemen masyarakat khususnya masyarakat di daerah Kelurahan Katulampa untuk dapat secara bersama-sama melestarikan lingkungan. (Penulis: Ahmad Fauzi, Editor: Dhoni Zustiyantoro)

Sumber: https://www.unpak.ac.id/berita/unpak-baksos-katulampa-bogor?highlight=YToxOntpOjA7czozOiJwcGciO30=

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *