Bekali Tata Cara Ujian Pengetahuan, FKIP Unila Adakan Try Out PPG Dalam Jabatan Tahap I

Jumat, 28 September 2018 | 10:29 WIB


 

Uji coba atau try out Pendidikan Profesi Guru (PPG) dilakukan untuk persiapan Uji Pengetahuan (UP). Try Out PPG dalam jabatan tahap I yang di selenggarakan Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan Universitas Lampung dilaksanakan di Unit Pelayanan Teknis Teknologi Informasi & Komunikasi Universitas Lampung ini diikuti 261 Mahasiswa yang terdiri atas mahaisiswa PPG Dalam Jabatan Program Studi PGPUAD-TK, PGSD, Matematika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.

Try out UP ini mengukur kemampuan mahasiswa PPG pada bidangnya masing-masing. Tujuannya agar mahasiswa PPG mempunyai gambaran mengenai tata cara ujiannya dan tipe-tipe soal pada bidang masing-masing. Dengan demikian, mereka diharapkan lebih siap dalam menghadapi Uji Pengetahuan yang akan dilaksanakan pada 30 September 2018.

 

“Diharapkan dari try out ini mereka tahu hasilnya seperti berapa, sehingga bisa menjadi acuan mahasiswa kalau ternyata hasilnya belum mencapai target bisa belajar lagi, sehingga harapannya bisa lulus saat UP nanti,” ungkap Sunyono, koordinator PPG Universitas Lampung.

Target kelulusan untuk UP mencapai nilai 76. Setelah diadakan try out, lebih dari 80% mahasiswa PPG lulus UP.

Tekad, salah satu mahasiswa PPG Dalam Jabatan Program Studi PGSD, mengatakan try out ini sangat membantu karena sebagian besar yang mengikuti try out PPG Dalam Jabatan adalah orang tua yang terhitung gagap teknologi dalam mengoperasikan komputer. “Sehingga ketika dilaksanakan UP nanti sudah tahu bagaimana cara mengoperasikan dan bentuk soalnya,” ujarnya.

Setelah dilaksanakan Uji Pengetahuan, mahasiswa PPG dalam jabatan akan melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) selama tiga minggu. PPL dilaksanakan di sekolah masing-masing, dan selama PPL dilaksanakan kuliah secara online (daring). Selesai pelaksanaan PPL kemudian akan dilakukan Uji Kinerja (UKin). Hasil dari UP dan UKin ini jika keduanya lulus maka mahasiswa tersebut dinyatakan lulus PPG Dalam Jabatan. (Penulis: Amrullah/Bayu, Editor: Dhoni Zustiyantoro)

Sumber: http://fkip.unila.ac.id/2018/09/24/dies-natalis-unila-ke-53-lptk-fkip-unila-adakan-try-out-ppg-dalam-jabatan/

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *