Mahasiswa PPG Unsyiah Menyelenggarakan Aksi Gotong Royong dan Penghijauan

Senin, 23 April 2018 | 23:02 WIB


Lingkungan yang bersih dan sejuk adalah wujud dari kesadaran terhadap peduli lingkungan. Pada Minggu pagi, 18 Maret 2018 seluruh mahasiswa PPG FKIP Unsyiah yang berjumlah 156 orang, terdiri dari PPG SM-3T dan PPG Bersubsidi dari jurusan Teknik Kimia, Bahasa Inggris, Matematika, Penjaskesrek, dan PGSD mengikuti kegiatan penghijauan dan gotong royong di lingkungan asrama PPG. Kegiatan penghijauan yang meliputi penanaman pohon ini bertujuan untuk membangun silaturahim antara mahasiswa Program PPG dan warga lingkungan sekitar Asrama PPG Universitas Syiah Kuala. Penghijauan di lingkungan Asrama PPG Universitas Syiah Kuala ini dicetuskan oleh Prof. Dr. Djufri, M. Si selaku dekan FKIP Universitas Syiah Kuala.

Menurut Iqbal, Ketua Mahasiswa Program PPG FKIP Unsyiah, kegiatan ini sangat bermanfaat agar mahasiswa Program PPG sadar akan kebersihan lingkungan dan peduli terhadap penghijauan demi terwujudnya sosok calon guru yang dapat menjadi panutan bagi masyarakat nantinya.

Kegiatan penghijauan dengan menanam 220 bibit pohon di area lingkungan Asrama PPG Unsyiah ini dilaksanakan pada pukul 09.00 s.d 12.15 WIB, setelah agenda rutin minggu pagi mahasiswa yaitu senam jantung sehat yang dilanjutkan dengan apel rutin. Bibit pohon yang ditanam berupa pohon pinang, jambu, mangga, mahoni, dan beberapa jenis tumbuhan lainnya baik yang berbuah maupun yang tidak. Untuk tanaman berbuah ditanam di area dalam lingkungan Asrama PPG, sedangkan tanaman yang lainnya ditanam di area depan lingkungan Asrama PPG. Tanaman-tanaman berupa bibit pohon tersebut diperoleh atas kerjasama dengan Dinas Kehutanan Provinsi Aceh.

Kepala Asrama PPG FKIP Unsyiah, Drs. Amiruddin, M.Kes sangat mendukung kegiatan seperti ini. Beliau berharap mahasiswa lebih termotivasi lagi untuk melakukan kegiatan selanjutnya, namun tidak hanya dalam lingkungan Asrama PPG melainkan juga di luar Asrama PPG. Seluruh mahasiswa PPG Unsyiah juga akan mengikuti kegiatan aksi sosial “PPG Care”  diantaranya pembersihan sungai Krueng Daroy dan bakti sosial lainnya yang akan dilaksanakan pada bulan Mei mendatang. Semua ini dilakukan sebagai wujud peduli lingkungan yang menjadi cerminan diri untuk membentuk karakter guru yang peduli lingkungan di masa yang akan datang.

Reportase: PPG SM-3T VI Unsyiah

Editor: Akhiruddin HaeR

Final editor: Yektiningtyastuti

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *