Era Revolusi Industri 4.0, Guru Diminta Optimalkan Teknologi Informasi

Senin, 1 Oktober 2018 | 15:53 WIB


Program Pengembangan Profesi Guru (P3G) Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar Seminar Nasional bertajuk “Guru Profesi di Era Industri 4.0”, di Ballroom Teater Menara Phinisi UNM, (30/9/2018).

Kegiatan tersebut dihadiri ratusan peserta dari P3G dan menghadirkan narasumber Direktur Pembelajaran pada Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Menristek Dikti Paristianti Nurwandini, Dekan Fakultas Ilmu Sosial Prof. Hasnawi Haris, dan Dekan Fakultas Teknik Prof. Yahya.
Rektor UNM Prof. Husain yang membuka secara resmi kegiatan tersebut dan menjadi keynote speaker pada kegiatan itu mengungkapkan pada era disrupsi dan era Revolusi Industri 4.0 muncul teknologi-teknologi baru yang mengakibatkan perubahan luar biasa pada semua disiplin ilmu.

Menurut Husain Syam, seorang guru harus mampu menyesuaikan diri terhadap era tersebut dan mampu membaca analisis dan menggunakan informasi (big data) di dunia digital.

“Seorang guru harus didorong untuk mempelajari literasi baru ini agar kompetitif di era digital baru yang berbasis teknologi, supaya ia mampu menjadi hal itu bukan saja sumber informasi tapi juga media yang mendukung tugas-tugasnya sebagai seorang guru,” katanya.

Ia berpesan ada dua hal penting yang harus dimiliki seorang guru. Pertama, adalah komitmen, yang menjadikan profesi guru sebagai tugas pengabdian. Kedua, seorang guru tidak boleh berhenti untuk terus belajar.

“Hal penting yang harus dimiliki seorang guru adalah komitmen bahwa menjadi seorang guru adalah sebuah pengabdian, kemudian, tidak pernah berhenti untuk terus belajar,” ujarnya. (*)

Editor: Dhoni Zustiyantoro

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *