Universitas Negeri Medan dan UMSU Laksanakan Orientasi Akademik PPG Dalam Jabatan Tahap II

Sabtu, 6 Oktober 2018 | 6:48 WIB


MEDAN (Unimed) – Dalam rangka pelaksanan Program PPG dalam Jabatan Tahap II Susulan Tahun 2018 di Universitas Negeri Medan. Diawali dengan kegiatan Orientasi Akademik PPG dalam Jabatan Tahap II Susulan Unimed yang diadakan di Gedung Digital Library Lt. IV Unimed (3/10). Kegiatan ini dihadiri Wakil Rektor I Prof. Dr. Abdul Hamid K, M.Pd, Wakil Rektor II Dr. Restu, M.S, Dekan dan Wakil Dekan Universitas, Tim PPG Unimed, seluruh para peserta PPG dalam Jabatan Tahap II Susulan Tahun 2018.

Untuk memenuhi kuota PPG dalam Jabatan Tahun 2018, setelah melakukan evaluasi pelaksanaan PPG dan Jabatan Tahap I, Tahap II dan Daerah Khusus, Dirjen GTK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan melaksanakan PPG yang dinamai dengan PPG Tahap II Susulan. Namun demikian meningat waktu yang tersedia sangat singkat karena harus selesai pada bulan Desember 2018, maka pelaksanaan PPG Tahap II Susulan ini akan dilaksanakan dengan pola yang berbeda dengan pelaksanaan PPG Tahap I, Tahap II, dan Daerah Khusus.

Pada Pelaksanaan PPG Tahap II Susulan ini, peserta akan mengikuti pendalaman materi selama 16 hari dengan memadukan pembelajaran dalam jaringan dan pembelajaran tatap muka dengan pola “membalik” metode tradisional. Implementasi pola ini dalam pendalaman materi PPG Tahap II Susulan ini adalah materi terlebih dahulu akan diberikan melalui modul atau video pembelajaran yang harus dipelajari dan ditonton oeh peserta pada malam hari dalam jaringan sebelumnya, besoknya masuk kelas untuk mengikuti pendalaman materi atau melalui tatap muka. Pembelajatan tatap muka di kelas digunakan peserta untuk diskusi kelompok dalam memahami materi, mengerjakan tugas- tugas, dan menemukan solusi dari masalah yang ditemukan selama melakukan pembelajaran dalam jaringan. Dalam pembelajaran tatap muka ini dosen akan menjadi fasilitator dalm memberikan masukan, memberikan pengayaan materi, dan memberikan solusi terhdap masalah- masalah yang dihadapi oleh peserta. Setelah selesai mengikuti pendalaman materi, akan dilanjutkan pada tahapan lokakarya selama 5 minggu di Unimed, dan PPl selama 3 minggu di sekolah mitra.

Dalam orientasi Akademik ini peserta PPg dalam Jabatan Tahap II Susulan yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 101 peserta dan berasal dari berbagai provinsi yaitu : Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, dan Lampung yang terbagi 2 bidang studi yaitu : Guru Kelas SD dan Matematika.

Tahapan PPG Tahap II Susulan ini sungguh menuntut peserta mampu menjadi pembelajar yang tangguh. Oleh karena itu, Dirjen GTK telah melakukan seleksi yang cukup ketat untuk memilih peserta yang dapat mengikuti PPG Tahap II Susulan ini. Berdasarkan informasi yang disampaikan oleh dirjen GTK, peserta yang terpilih ini diyakini akan mampu mengikuti seluruh tahapan PPG ini hingga selesai meski dengan susah payah.

“Saya berharap dengan adanya kegiatan ini para peserta tetap fokus dalam menjalani PPG selama 3 bulan ini dan selalu dalam keadaan sehat. Dari laporan koordinator PPG, Unimed urutan kedua se-Indonesia paling banyak menyelenggarakan PPG dalam Jabatan. Semoga acara ini dapat menjadikan guru- guru lebih profesional.” Ujar Prof. Hamid. (Humas Unimed)

Di tempat terpisah 95 Mahasiswa/i Profesi Pendidikan Guru Dalam Jabatan Tahap 2 Tahun 2018, Kamis (27/9/2018) mengikuti kegiatan Orientasi Akademik Program Pendidikan Profesi Guru yang dilangsungkan selama satu hari di Aula Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan Tahap 2 Tahun 2018 berasal dari tiga bidang studi, diantaranya Bidang Studi Matematika terdiri dari 29 Peserta, Bidang Studi Bahasa Indonesia terdiri dari 29 Peserta, Bidang Studi Akuntansi dan Keuangan terdiri dari 37 Peserta. Para peserta berasal dari berbagai kawasan daerah di Indonesia, antara lain : Aceh, Tapanuli Tengah, Tapanuli Barat,  Jambi, Lampung dan Nias.Rangkaian acara tersebut dibuka oleh Wakil Rektor III UMSU Dr. Rudianto, M.Si. Beliau menyampaikan, Peserta PPG Dalam Jabatan senantiasa dibina guna menjadi guru profesional yang mendukung aspek pedagogik, kepribadian, sosial, pengetahuan serta pengalaman khusus sesuai dengan bidang keahlian yang masing-masing diampu oleh para peserta. Beliau turut menyampaikan peran penting komitmen bersama peserta PPG Dalam Jabatan selama mengikuti berbagai kegiatan pendidikan profesi guru yang akan dilaksanakan. Program ini diharapkan dapat menghasilkan lulusan guru professional yang handal dan teruji. (Asrar)

Sumber: 

https://www.unimed.ac.id/2018/10/03/orientasi-akademik-ppg-dalam-jabatan-tahap-ii-susulan-berlangsung-sukses/

http://ppg.umsu.ac.id/orientasi-akademik-ppg-dalam-jabatan-tahap-ii-tahun-2018/

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *