Peserta PPG Undiksha PPL di Sekolah Mitra

Rabu, 10 Oktober 2018 | 5:43 WIB


Rektor Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha), Bali, yang diwakili oleh Wakil Rektor III Dr. I Gusti Ngurah Pujawan, M.Kes. didampingi  Kepala Pusat PPL Dr. Dewa Bagus Sanjaya, M.Si. menyerahkan secara resmi Peserta PPG Tahap I kepada Kepala Sekolah Mitra Undiksha pada hari Rabu, 3 Oktober 2018 untuk melakukan Pratik Pengalaman Lapangan (PPL).

Dalam sambutannya, Wakil Rektor III berpesan, melalui PPL peserta dapat mengimplementasikan pengembangan perangkat pembelajaran bidang studi yang mendidik (subject-specific pedagogy/ SSP) yang telah dimatangkan pada saat lokakarya. Selain itu, peserta diharapkan mampu beradaptasi dengan baik di sekolah mitra walaupun peserta adalah guru-guru yang sudah mempunyai pengalaman mengajar di sekolah masing-masing. Peserta bisa memperdalam pengalaman nyata dan kontekstual dalam menerapkan seperangkat pengetahuan, sikap, dan keterampilan untuk menunjang tercapainya penguasaan kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan penguasaan materi secara utuh.

Sebanyak 288 Peserta PPG Dalam Jabatan Tahap I Undiksha  yang terbagi menjadi 7 kelompok mata pelajaran yaitu Bahasa Indonesia (24 orang), Bahasa Inggris (27 Orang), Matematika (59 orang), PAUD (40 orang), PGSD (78 orang), PJOK (30 orang) dan TKI (30 orang). Peserta PPG terdistribusi ke 43 sekolah mitra yang berada di Singaraja, TK 10 sekolah, SD 16 sekolah, SMP 6 sekolah, SMA/SMK 11 sekolah.

Aktivitas PPL

Mulai tanggal 4 Oktober Peserta PPG Dalam Jabatan Tahap I Undiksha sudah penerjuanan ke sekolah-sekolah mitra, diawali dengan Observasi (Guru Model, Lingkungan Sekolah, dan kegiatan-kegiatan sekolah lainnya), kemudian dilanjutkan dengan Pelatihan Mengajar Terbimbing, Pelatihan Mengajar Mandiri, dan tahapan evaluasi melalui Uji Kinerja (UKIN).

Dari pantauan panitia, aktivitas peserta PPG yang PPL cukup beragam mengikuti agenda belajar di sekolah masing-masing. Salah seorang peserrta, Kartini, yang PPL di TK A Mentari Penarukan, menyampaikan kegiatan mengajar, membimbing, dan mendidik anak-anak PAUD berjalan dengan baik. Terlihat pada hari Senin, 8 Oktober 2018, selepas upacara terlihat Kartini bersama peserta yang lain  mendampingi anak-anak menggambar maupun membuat keterampilan dalam suana akrab dan menyenangkan.

Sementara Mr. Wita, panggilan akrab salah satu peserta dari Prodi Matematika yang mendapat tempat PPL di SMK TI Global, sudah bisa beradaptasi dengan baik bersama  anak-anak mapun guru-guru di sekolah. Disalah satu aktivitas mengajar tampak para siswa serius memperhatikan dan menyimak materi yang disampaikan I Wayan Wita.

(Indra/gusanom)

Editor: Dhoni Zustiyantoro

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *