Unimed Latih Calon Penguji Kompetensi Mahasiswa PPG dan Penguji Kinerja

Jumat, 19 Oktober 2018 | 14:36 WIB


MEDAN (Unimed) – Guru sebagai garda terdepan dalam menentukan masa depan bangsa. Untuk itu,  diperlukan guru yang profesional agar dapat menghasilkan siswa siswa yang berkualitas yang dapat memajukan bangsa Indonesia.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Universitas Negeri Medan (Unimed) sebagai salah satu universitas pelaksana Pendidikan Profesi Guru (PPG) menggelar Workshop Penyamaan Persepsi Calon Penguji Kompetensi Mahasiswa PPG (UKMPPG) Uji Kinerja (UKIN) di Gedung Digital Library Lt. IV Unimed (17/10). Kegiatan ini dihadiri Wakil Rektor I Prof. Dr. Abdul Hamid K, M.Pd, Wakil Rektor II Dr. Restu, M.S, Dekan dan Wakil Dekan Universitas, Direktur Pascasarjana dan Ketua Prodi Universitas, Tim PPG Unimed, serta seluruh peserta workshop Penyamaan Persepsi Calon Penguji UKIN.

Dalam pelaksanaan kegiatan ini dilakukan dalam beberapa tahapan mulai dari pendalaman Materi, Lokakarya, PPL, dan Uji Kompetensi Mahasiswa PPG yang terbagi dalam 2 dua bentuk uji, yaitu Uji Pengetahuan (UP) dan Uji Kinerja (UKIN).

Uji Pengetahuan akan dilakukan secara online sedangkan Uji Kinerja akan dilakukan dengan mengamati langsung peserta PPG mengajar di dalam kelas. Setiap peserta PPG akan Mengikuti Uji Kinerja yang dinilai oleh dua orang penguji, satu dosen, dan satu guru yang telah memenuhi syarat dan memiliki Nomor Registrasi Penguji (NRP). Dalam menilai peserta PPG pada Uji Kinerja akan menggunakan isntrumen yang telah ditetapkan oleh panita nasional dan menggunakan aplikasi khusus yang penilainnya secara online.

Peserta yang mengikuti workshop pada kegiatan ini berjumlah 381 peserta yang terdiri atas dosen dan guru sesuai dengan Program Studi yang mendapat izin melaksanakan PPG di lingkungan Unimed. Pelaksanaan workshop ini akan difasilitasi oleh panitia nasional dan dibantu oleh Panita Lokal yang mendapat mandat sebagai fasilitator dari penjaminan mutu Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Panita nasional yang memfasilitasi kegiatan ini merupakan dosen Unimed yaitu Prof. Dr. Sumarno, M.Pd dan Dr. Dwi Wahyuni Nurwihastuti, S.Si,. M.Sc. Pelaksanaan Uji Kinerja bagi peserta PPG dalam Jabatan Tahap 1 dijadwalkan pada tanggal 30 Oktober–2 Novermber 2018 dan untuk biaya pelaksanaan kegiatan ini seluruhnya ditanggung oleh DIPA PNBP Unimed tahun 2018.

“Dengan adanya kegiatan ini mungkin akan menyita waktu dan perhatian khusus Bapak/Ibu para peserta workshop, bahkan mungkin akan memberikan kelelahan karena harus mengikuti beberapa tahapan. Namun, demikian kami berharap Bapak/Ibu tetap dapat menyelesaikan setiap tahapan tersebut dengan baik dan kelelahan tersebut akan menjadi sebuah kebaikan yang akan memberikan kebaikan bagi Bapak/Ibu pada masa yang akan datang,” ujar Prof. Hamid. (Humas Unimed)

Sumber: https://www.unimed.ac.id/2018/10/17/unimed-gelar-workshop-calon-penguji-ukmppg-dan-ukin/

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *