Tim Penjaminan Mutu Direktorat  Pembinaan Guru Pendidikan Dasar Memotivasi Peserta PPG Dalam Jabatan Universitas Pendidikan Ganesha

Sabtu, 20 Oktober 2018 | 11:53 WIB


Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan melalui Direktorat  Pembinaan Guru Pendidikan Dasar melaksanakan kegiatan penjaminan mutu terhadap Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan tahun 2018 di Universitas Pendidikan Ganesha, 15–17 Oktober 2018.

Kegiatan ini merupakan salah satu standar yang wajib dilakukan untuk menjamin pelaksanaan PPG Dalam Jabatan berjalan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkankan oleh kementerian bersama perguruan tinggi penyelenggara PPG Dalam Jabatan. Pelaksanaan penjaminan mutu ini bertujuan untuk mengetahui secara langsung pelaksanaan workshop dan/atau PPL melalui observasi di kelas dan di sekolah.

Tim monev pada hari Senin, 15 Oktober diterima oleh Wakil Rektor II Undiksha Prof. Dr. I Wayan Lasmawan, M.Pd. didampingi Koordinator PPG Undiksha Drs. I Gede Nurjaya, M.Pd bersama Sekretaris PPG Dr. I Wayan Widiana, M.Pd.

Wakil Rektor II dalam sambutan penerimaannya menyambut baik pelaksanaan penjaminan mutu dari tim pusat dan menyampaikan bahwa pelaksanaan PPG Undiksha berjalan dengan baik dan berharap pelaksanaan PPG Undiksha mampu menjawab kepercayaan yang diberikan pusat kepada Undiksha untuk melaksanakan PPG. Ia juga menyampaikan pelaksanaan PPG Undiksha mesti mengikuti ketentuan yang sudah digariskan oleh Kementerian baik Kemendikbud maupun Kemenristekdikti.

Dari sisi keuangan beliau juga menekankan kepada panitia agar mengikuti pedoman maupun petunjuk teknis yang sudah disepakati dalam kontrak kerja.

Drs. Suratsih, M.Si. dan tim penjaminan mutu melakukan kunjungan ke SD Negeri 3 Banjar Jawa, Singaraja-Bali.Tim secara lansung melihat dan memantau proses pelaksanaan PPL sekaligus melakukan diskusi baik ke peserta maupun guru-guru di sekolah.

Selain bisa melihat langsung proses pelaksanaan PPG, kegiatan ini juga dapat menggali informasi dan apabila ada kendala-kendala bisa memberikan solusi baik dari sisi kebijakan maupun teknis pelaksanaan PPG.

Kunjungan tim penjaminan mutu juga memberikan motivasi kepada peserta PPG Dalam Jabatan Khususnya peserta PPG Gurdasus, peserta yang sebagian besar sudah berumur merasa senang dan bisa menyampaikan kendala-kendala yang dihadapi dan harapan-harapannya, dan menitipkan pesan kepada tim penjaminan mutu.

Tim penjaminan mutu juga melakukan Focus Group Disscussion (FGD) yang diikuti peserta, instruktur, pengelola PPG tingkat pusat maupun  prodi. FGD berlangsung diruang vicon TIK Undiksha yang dihadiri Wakil Rektor I dan Para Dekan Pengelola PPG, kegiatan berlangsung dari pukul 14.00 Wita s.d 18.00 Wita.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *