288 Guru Ikuti Pelaksanaan Ujian Kinerja (UKin) PPG Dalam Jabatan Tahap I Universitas Pendidikan Ganesha

Selasa, 23 Oktober 2018 | 14:44 WIB


Sebanyak 288 peserta PPG Dalam Jabatan Tahap I dari jenjang TK, SD, SMP, SMA/SMK di Universitas Pendidikan Ganesha, mengikuti pelaksanaan Uji Kinerja (UKin) yang tersebar di berbagai sekolah-sekolah mitra Undiksha, sejak Senin, (22/10).

Pelaksanaan Uji Kinerja (Ukin) terbagi kedalam 7 mata pelajaran yang diuji oleh 49 dosen penguji dan 41 guru penguji yang sudah memiliki NRP, kegiatan ini dihadiri pula oleh penyelia dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Eko Dwi Cahyono.  Total terdapat 41 jumlah sekolah-sekolah mitra Undiksha, yang terdiri dari TK 10 sekolah, SD 16 sekolah, SMP 5 sekolah, SMA 4 sekolah dan SMK 6 sekolah. Kegiatan Uji Kinerja (Ukin) berlangsung selama 4 hari, dan akan berakhir pada Kamis, (25/10).

PPG adalah tahap akhir untuk menciptakan guru professional dan menjaga kualitas guru. Dengan uji kinerja dan uji kemampuan, kompetensi guru menjadi terukur dan terarah. Untuk lulus uji kompetensi di akhir program PPG, peserta harus melalui dua tahap yaitu uji pengetahuan dan uji kinerja. Jadi uji kompetensi mengharuskan seluruh pendidikan profesi wajib melalui proses ujian seperti ini sesuai kebijakan dan aturan yang ada. Hal itu mengacu pada praktik yang sudah dilakukan oleh program profesi lain seperti uji kompetensi dokter, perawat, dan bidan.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *