“Penguatan Wawasan Lingkungan” Wujud Aksi Nyata Cinta Alam Mahasiswa Program PPG SM-3T Universitas Negeri Malang Angkatan VI

Rabu, 25 April 2018 | 20:29 WIB


Lingkungan alam erat hubungannya dengan kehidupan manusia. Keduanya merupakan suatu bagian yang tidak dapat dipisahkan, lingkungan mempunyai pengaruh langsung pada setiap kegiatan manusia. Wawasan tentang lingkungan menjadi hal yang penting dan mendasar. Oleh karena itu, perlu adanya aksi nyata yang harus dilakukan demi menjaga kelestarian alam.

Sabtu, 21 April 2018 Mahasiswa Program PPG SM-3T Universitas Negeri Malang (UM) Angkatan VI gelar Penguatan Wawasan Lingkungan yang bertemakan “Cintai Lingkunganmu Demi Masa Depan Anak Cucumu” dengan berkunjung ke Agrowisata Bhakti Alam Pasuruan. Aksi nyata ini diikuti oleh 172 mahasiswa dengan tujuan untuk menambah wawasan dan meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan. Antusiasme mahasiswa sangat terlihat saat pemberangkatan pada pukul 07.00 WIB.

Bhakti Alam Pasuruan merupakan agrowisata yang terletak di Desa Ngembal, Kecamatan Tutur Kabupaten Pasuruan, berada pada ketinggian 450-650 mdpl dan berjarak kurang lebh 40 km dari Kota Malang. Tiba di Bhakti Alam, para mahasiswa berkeliling di area perkebunan menggunakan kereta wisata dengan dipandu oleh tour guide.

Tempat pemberhentian pertama adalah “Milk Kingdom”, di tempat ini, mahasiswa mempelajari cara pengolahan susu yang diperah di peternakan Bhakti Alam, mulai dari pasteurisasi hingga menjadi produk hasil olahannya. Produk tersebut adalah susu dalam kemasan gelas dan botol, yogurt, keju, ice cream susu, dan keripik susu.

Menuju pemberhentian kedua yaitu “Green House Sayur-Mayur”, mahasiswa melewati dua belas Green House khusus untuk pembibitan buah melon. Terdapat dua jenis buah melon yang dibudidayakan di Bhakti Alam, yaitu golden melon dan rock melon. Di “Green House Sayur-Mayur”, mahasiswa dapat mengetahui berbagai jenis sayuran yang dibudidayakan secara hidroponik seperti: sawi, selada, dan seledri.

Sepanjang perjalanan menuju pemberhentian terakhir yaitu Pawon Jawa, mahasiswa memperoleh edukasi tentang berbagai jenis tanaman buah-buahan seperti: jambu biji, jambu air, durian, kelengkeng, buah naga, mangga, jeruk, dan salak. Sesampainya di Pawon Jawa, para mahasiswa disuguhi berbagai jenis olahan dari bahan dasar pisang, singkong, dan kunyit mulai dari keripik dengan berbagai varian rasa hingga jamu tradisional. Masing-masing pemberhentian telah menyediakan tester produk hasil olahan yang dapat dicicipi oleh para mahasiswa.
Selesai berkeliling perkebunan, kegiatan dilanjutkan dengan outbound bersama yang terdiri dari tiga games yaitu: hula hoop berjalan, benar-salah, dan rantai berbalik (kekompakkan membalik badan bersamaan). Outbound ini dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan kekompakan, konsentrasi, dan sportivitas dari mahasiswa PPG SM-3T UM VI.

Sebelum meninggalkan Bhakti Alam, para mahasiswa diminta untuk menuliskan hasil kegiatan dan dikumpulkan secara langsung. Mereka menuangkan wawasan dan pengalaman yang dapat dipetik dari semua rangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan.

Aksi nyata melalui Penguatan Wawasan Lingkungan ini merupakan langkah awal untuk menjadikan mahasiswa Program PPG UM Angkatan VI menjadi pribadi yang lebih bijak terhadap pemanfaatan lingkungan sekitar, sehingga sumber daya alam akan tetap terjaga untuk masa depan anak cucu kita. Penyelenggara Program PPG SM-3T UM mempunyai sebuah harapan bahwa dari aksi kecil ini dapat menginspirasi generasi muda untuk melakukan aksi nyata yang lebih besar. Secara umum, pelaksanaan kegiatan dari PPG SM-3T UM VI berjalan dengan lancar, sehingga pukul 16.30 WIB para mahasiswa telah tiba kembali di Universitas Negeri Malang.

Reportase: Rizma Dwi Ambarwati, Pendidikan Matematika, PPG SM-3T UM VI
Editor: Akhiruddin Haer
Final Editor: Yektiningtyastuti

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *