Mencintai Pramuka lewat Semaphore

Kamis, 14 Februari 2019 | 16:29 WIB


Hari keempat pelaksanaan KMD Pramuka di Universitas Muhammadiyah Jember diisi dengan keterampilan pramuka penegak, salah satunya belajar semaphore. Dengan terbagi menjadi tiga kelompok, para peserta dan masing-masing pelatih belajar semaphore dengan bendera. Mereka antusias dan menyimak penyampaian materi dari pelatih dengan khidmat. Dengan belajar semaphore, mereka jadi merasa memiliki bahasa “baru” untuk berbicara dengan sesama pramuka. Hal ini membuat mereka semakin mencintai pramuka.

Gambar 1: Kak Slamet sedang memberikan penjelasan kepada mahasiswa PPG kelompok 1

Kegiatan selanjutnya adalah ragam pertemuan pramuka penegak dengan kak Slamet dan kak Qusyairi sebagai pendamping. Selanjutnya organisasi, administrasi satuan dilanjutkan dengan teknik penyusunan program latihan sebagai materi penutup hari ini. Kemudian, sebagaimana pada hari-hari sebelumnya, sebagai kegiatan penutup, para peserta diberikan kesempatan untuk menuliskan pelajaran yang didapat selama satu hari dalam sebuah catatan harian yang disediakan oleh tim pelatih.

Namun, berbeda dari hari-hari sebelumnya, hari ini mereka melakukan kegiatan renungan malam. Renungan malam memang merupakan tradisi dalam persami ataupun pelantikan. Kegiatan ini melibatkan semua pelatih dan peserta. Para peserta mengikuti kegiatan ini dengan khusyuk. (Fitri Amilia-Pengelola PPG Unmuh Jember)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *