Akhiri Kuliah, Peserta PPG Prajabatan Unesa Gelar Beraneka Lomba

Selasa, 18 Desember 2018 | 12:18 WIB


Setelah melakukan perkuliahan workshop selama hampir 5 bulan, mahasiswa PPG Prajabatan Universitas Negeri Surabaya (Unesa) melakukan Closing Ceremony dalam tajuk Desemwell atau Desember Farewell yang bertujuan untuk penutupan semester 1 PPG Prajabatan. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 10-13 Desember2018 dengan berbagai acara yang menarik.

Acara dimulai dengan pelaksanaan lomba-lomba tradisional yaitu lomba balap karung, lomba makan kerupuk, lomba estafet karet, lomba tarik tambang dan lomba bakiak. Lomba yang dilaksanakan pada hari Senin adalah lomba balap karung dan estafet karet. Lomba dilaksanakan dilapangan parkir gedung LP3M. Kegiatan Lomba dilanjutkan pada hari Selasa dengan tarik tambang, lomba makan kerupuk, dan lomba bakiak. Keseruan demi keseruan banyak terjadi dalam setiap lomba. Seperti ketika lomba tarik tambang ketika salah satu kelompok memiliki postur tubuh yang besar dan kelompok lawan memiliki postur yang biasa namun tanpa dugaan kelompok yang biasa mampu memenangkan pertandingan.

Setelah melakukan berbagai lomba-lomba yang menguras tenaga. Hari Rabu dilaksanakan pentas seni bertempat di Lapangan Bulutangkis Gedung LP3M. Pensi diisi dengan berbagai penampilan mahasiswa PPG dari berbagai jurusan. Semuanya kompak, gembira dan atmosfer kebersamaan sangat dirasakan. Seperti tanpa beban ketika semua bernyanyi bersama diiringi oleh petikan gitar dan suara halus serta enerjik. Flashmob dari Jurusan Matematika, nyayian gembira dari PGSD dan PJKR. Intinya semua merasa bersama penuh canda tawa tanpa beban dan masalah.

Terdapat kejadian di luar dugaan yaitu ketika pembagian hadiah lomba berlangsung lampu mati dan hujan deras mengguyur akhirnya segera dengan gotong royong semuanya mengamankan barang dan mengemasi alat elektronik yang ada agar tidak terkena air hujan. Peristiwa tersebut memberi pelajaran bahwa pekerjaan berat jika dikerjakan bersama akan terasa ringan sekaligus mempererat persaudaraan.

Kegiatan Desemwell pun ditutup dengan acara rutin Khotmil Quran. Di pandu MC Desga acara diawali dengan pembacaan juz 30 dan doa Khatam Alquran. Setelah membaca doa, acara dilanjutkan dengan makan bersama serta penutupan acara desemwell. Setelah penutupan dilanjut dengan foto bersama satu angkatanyang semakin membuat rasa kekeluargaan semakin erat.

Acara yang menyatukan berbagai kepala dalam satu atap,menyatukan banyak pikiran dalam kebersamaan dan kekeluargaan. Semua merasa satu pandangan, satu badan dan satu tujuan. Tanpa adanya kebersamaan ini mungkin PPG akan terasa biasa namun dengan kebersamaan PPG itu serasa keluarga kedua. “Seru, lucu, kreatif, reigius, dan istimewa menggambarkan kegiatan Desemwell ini. Semoga bisa dilaksanakan kembali dan hubungan antarmahasiswa PPG Prajabatan semakin akrab lagi,” ujar Tegar, Ketua Pelaksana Desemwell.

Menurut Piranti Desemwell itu cara teman-teman menciptakan perpisahan dengan kesan yang berbeda. Desemwell itu menciptakan perpisahan dengan bahagia dengan permainan tradisional yang kompetitif, tim dari berbagai jurusan. Gerak tari yang dipraktekkan dan lagu yang dilantunkan bersama  seperti simbol ekspresi kelegaan hati melepas beban mengerjakan perangkat dan kroni-kroninya. Bahkan doa yang dipanjatkan dalam Penutup membuat kita yakin bahwa hidup ini adalah perjalanan dalam mencari rida-Nya untuk menjadi guru profesional yang pembelajar. Desemwell merupakan puncak dari bahagia yang memang seharusnya kita ciptakan dan kita yang merasakan dan puncak kebahagiaan itu ketika semua proses yang dimulai lantai empat bersama tempat sejawat membuat kita bersahat dan merasa kita semua kerabat.

PPG Prajabatan
Kami bersaksi atas setiap cahaya pekat
Berada di lantai empat.
Bersepakat mengerjakan perangkat.
Melewati proses dalam waktu yang bersekat
Meski waktu begitu singkat .
Kita harus melaju dan tetap kuat
Berawal dari teman sejawat, bersahabat, dan berkerabat
By Piranti Afidz  (Des’18)

Dengan adanya acara ini semoga persaudaraan keluarga PPG semakin erat dan terima kasih telah menyelenggarakan acara Desemwell yang meriah dan  kita dapat menikmati serangkaian acara tersebut. Melihat ekspresi teman-teman sangat menikmati acara mulai dari perlombaan, malam pentas seni, dan ditutup dengan Khotmil Quran. Ke depan semoga kebersaman ini tetap berlanjut. (IqomatulChakiki S.Pd, PPG Prajab 2018)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *