Dirjen Belmawa Pantau Pelaksanaan UKMPPG di Unesa

Selasa, 22 Januari 2019 | 5:50 WIB


Untuk meningkatkan mutu lulusan pendidikan guru, Lembaga Pengembangan, Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Negeri Surabaya (Unesa) menggelar Uji Pengetahuan, Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Guru (UKMPPG), Sabtu (19/01). Kegiatan yang dilaksanakan di Unesa kampus Ketintang ini dihadiri oleh Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswan (Dirjen Belmawa) Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Prof. Dr. Ismunandar.

Ia memantau kesiapan laboratorium komputer yang akan digunakan sebagai tempat tes. Selain itu, Guru Besar Institut Teknologi Bandung (ITB) ini juga memberikan semangat serta pesan secara langsung kepada para peserta. “Tidak ada salahnya kalau gagal lebih dari sekali, karena letak belajar adalah saat kita telah menerima kegagalan,” kata Prof. Ismunandar ketika memberikan sambutan di Gedung C8 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA).

Menurutnya, ujian kali ini merupakan momen yang tepat untuk para guru mendapatkan sertifikasi, karena jika guru sudah memiliki sertifikasi, maka mereka akan dicap telah berkompeten dalam mengajar. “Orang tua murid tentu tidak ingin anaknya diajar oleh guru yang tidak bersertifikat,” ujarnya.

Selain Dirjen Belmawa yang memantau langsung kesiapan tempat tes dan peserta, turut hadir Rektor Unesa, Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes., Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Bambang Yulianto, M.Pd., Dekan FMIPA, Prof. Dr. Suyono, M.Pd., dan Kepala Pusat PPG Unesa, Prof. Dr. Luthfiyah Nurlaela, M.Pd. Sebanyak 382 peserta mengikuti tes yang diselenggarakan di 10 laboratorium komputer yang ada di kampus Ketintang.

Para peserta dari 29 prodi yang berbeda ini tidak hanya berasal dari Unesa, tapi juga berasal dari sejumlah LPTK lain seluruh Indonesia. Di antaranya, Institut Agama Kristen Negeri Ambon, Universitas Islam Malang, Universitas katolik Widya Mandala Surabaya, Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Negeri Malang, Universitas Negeri Semarang, Universitas Pendidikan Ganesha, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas PGRI Adi Buana, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya, Universitas Sebelas Maret, dan Universitas Riau. (Suryo/*)

Sumber : https://www.unesa.ac.id/dirjen-belmawa-kemenristekdikti-pantau-langsung-pelaksanaan-ukmppg-di-unesa

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *