Gelar FGD, Direktorat Pembelajaran Matangkan SOP dan FAQ

Selasa, 11 Desember 2018 | 11:57 WIB


Direktorat Pembelajaran Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti menyelenggarakan diskusi kelompok terfokus (FGD) pembahasan Standar Operational Procedure (SOP) dan Penyusunan Frequently Asked Questions (FAQ) Program PPG, di Ruang Ganesha I Rektorat Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha), Bali, Jumat-Minggu (7—9/12/2018).

Hadir dalam kesempatan tersebut staf Direktorat Pembelajaran, tim IT, dan pengelola laman PPG. Tujuan kegiatan adalah memenuhi standar pendidikan guru yang tertuang dalam Permenristekdikti Nomor 55 Tahun 2017 dalam Penyelenggaraan Program PPG. Untuk kelancaran penyelenggaraan program tersebut, maka dibutuhkan dukungan sistem IT yang memadai. Diharapkan, akan ada inovasi baru, terutama terkait digitalisasi IT dan lainnya.

Kecanggihan teknologi telah merambah semua bidang kehidupan. Dalam pengelolaan PPG, yang menyiapkan  guru professional, juga tak lepas dari pemanfaatan kecanggihan IT yang digunakan mulai dari proses pendaftaran, proses belajar dan mengajar, evaluasi, hingga ujian.

Untuk menghasilkan standar operasional prosedur (SOP), peserta kegiatan mesti berdiskusi menentukan berbagai hal yang mesti disiapkan sesuai dengan standar pekerjaan. Hal itu juga berkaitan dengan aturan-aturan lain yang terkait. SOP tersebut berkaitan dengan tugas koordinator dan staf, antara lain, mesti terus menjalin komunikasi dengan tim dan menyelesaikan permasalahan yang muncul.

Hal yang tak juga kalah penting, tim mesti memastikan ketersediaan berita yang diunggah pada laman PPG. Berita tersebut berasal dari masing-masing perguruan tinggi penyelenggaran PPG. Ada banyak kegiatan yang dapat ditulis sebagai berita untuk memberikan informasi sekaligus meningkatkan keterbacaan dan jejak digital di dunia maya. (Undiksha/Gus Anom/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *