Wakil Rektor Akademik Unesa: Lulusan PPG Mesti Unggul dalam Pengetahuan, Keterampilan, Sikap, dan Moral

Kamis, 4 Juli 2019 | 15:58 WIB


Lembaga Pengembangan, Pembelajaran, dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Negeri Surabaya (Unesa) menggelar Orientasi PPG dalam Jabatan Tahap 2 di Auditorium Lantai 9 Gedung PPG, Rabu (3 Juli 2019).

Sebelumya, kegiatan ini sudah pernah digelar pada Senin, 24 Juni 2019. Kegiatan ini tampak meriah dengan hadirnya para guru dari berbagai provinsi di Indonesia. Hadir Ketua LP3M Unesa, Dr. H. Bachtiar Syaiful Bachri, M.Pd.

Nantinya, para peserta akan mengikuti program kinerja dan ujian pengetahuan yang akan berakhir pada 29 Agustus 2019. Turut hadir dalam kegiatan ini, Drs. Martadi, M.Sn., selaku Ketua Bidang Pengembangan Profesi Pendidikan, Dr. Syamsul Sodiq, M.Pd., selaku Ketua Pusat PPG, dan Drs. Fatkur Rohman Kafrawi, M.Pd., selaku Sekretaris Pusat PPG.

Kegiatan ini diikuti sekitar 396 peserta yang dibagi menjadi dua kelompok, yakni 132 Guru Daerah Khusus (Gurdasus) yang telah memenuhi syarat dan ditunjuk oleh pemerintah daerah untuk turut hadir, yakni dari daerah Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Tenggara, Papua, Papua Barat, dan Sulawesi Barat.

Sementara kelompok kedua terdiri atas 264 Guru dalam Jabatan (Daljab) yang berasal dari Jawa Timur, Kalimantan Tengah, Bali, dan Nusa Tenggara Barat. Dalam hal ini, fasilitas untuk Daljab sudah ditunjang dengan adanya internet dan kuliah daring, sementara untuk Gurdasus harus mengikuti semua kegiatan di dalam kampus dikarenakan keterbatasan situasi geografis dan teknologi informatika.

Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Bambang Yulianto, M.Pd., dalam sambutannya mengatakan jika salah satu divisi dalam LP3M adalah penguatan profesi guru melalui PPG. “Kunci utama yaitu percaya dan yakin. Jadi percaya bahwa Unesa mampu mengantarkan para peserta untuk lulus,” tuturnya.

Dalam catatan menangani PPG, Unesa masuk dalam urutan nomor dua setelah UPI. Untuk menunjang itu semua, Unesa juga sudah menyiapkan dosen-dosen pilihan yang nantinya siap mengantarkan peserta menjadi lebih baik lagi. Oleh karena itu, peserta diharapkan mampu mengikuti kegiatan ini dengan senang hati, sehingga tidak akan muncul penyesalan di kemudian hari.

Ke depan, pemerintah Indonesia mengharapkan para guru unggul dalam segala hal. Unggul dalam pengetahuan, keterampilan, sikap, dan moralnya. Unesa, dengan semboyan growing with character tidak hanya mengajarkan tentang pengetahuan tetapi juga pada karakternya.

“Jadi, di sini Anda akan dilatih untuk tertib, untuk teratur, yang insyaallah dipakai kalau sudah lulus dan menjadi guru profesional. Harapan dari pemerintah yakni mendapatkan guru-guru yang berdedikasi, loyal kepada pemerintah. Semoga semua sukses dan semangat,” tambah Bambang. (tni/ay)

http://www.unesa.ac.id/gurdasus-dan-daljab-untuk-perkembangan-pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *