Peserta PPG Rasakan Keseruan di Sekolah Praktik

Rabu, 6 Maret 2019 | 10:26 WIB


Siang yang terik tak lantas menyurutkan semangat siswa SMP Muhammadiyah 1 Jember untuk mengikuti ekstrakulikuler wajib yaitu “Hizbul Wathan” atau biasa disingkat dengan HW.

Awal mula mahasiswa PPL dari prodi PPG Prajabatan Universitas Muhammadiyah Jember merasa asing dengan kegiatan HW.

Hari sebelum mengikuti kegiatan tersebut, peserta bertanya kepada siswa mengenai kegiatan tersebut. Siswa menyatakan kegiatan tersebut seperti halnya pramuka yang pernah dijalani peserta PPG sewaktu duduk di bangku sekolah, hanya saja karena ini di lingkungan Muhammadiyah maka namanya Hizbul Wathan. Mereka biasanya diajarkan mengenai PPB, tali menali, tepuk HW, materi HW dan banyak lainnya seperti halnya pramuka.

Pada Sabtu (19 Januari 2019), siswa siswi kelas 7 dan 8 diminta oleh Pembina HW, Nadia, untuk berkumpul di masjid SMP. Pelatih yang Ramanda Wildan sudah berada di masjid menunggu kedatangan siswa. Siswa duduk dengan rapi dan terpisah antara laki-laki dan perempuan. Setelah pembukaan, pelatih membagi siswa menjadi dua. Siswa kelas 8 tetap duduk di masjid bersama teman pelatih diisi dengan materi  HW. Sementara siswa kelas 7 diminta untuk kelapangan.

Karena cuaca saat itu cukup panas, siswa dipindah ke teras kelas. Siswa diajari dengan tepuk “filipin”, nama yang cukup familiar dengan nama negara. Tepuk tersebut sangat menarik dengan menepukan kedua tangan disusul dengan menepuk kedua paha, dan jumlah tepukan disesuaikan dengan hitungan. 

Tepuk ini berhasil menarik perhatian siswa dan melukiskan senyum dan tawa pada wajah mereka. Mereka dengan kompak bertepuk riang. Pelatih juga menyisipkan mengajari mereka mengenai rukun iman, dan siswa dengan sangat semangat menjawabnya.

Kegiatan tersebut ditutup dengan tepuk “filipin” secara bergantian antara siswa perempuan dan laki-laki. Setelah itu siswa kelas 7 kembali berkumpul dengan kelas 8 di masjid. Mereka berdoa bersama dan pulang. “Wah, ternyata hizbul wathan seru juga untuk melatih kebersamaan, keberanian, ketangkasaan, kerja sama, dan masih banyak Pendidikan karakter yang lain. Siswa suka, saya pun juga,”, ungkap mahasiswa PPG Prajabatan yang sedang melaksanakan PPL di SMP Muhammadiyah 1 Jember ini”.

Peserta PPG bisa belajar menerima bahwa Muhammadiyah punya cara yang unik melalui kegiatan HW. (Fitri Amilia, Pengelola PPG Unmuh Jember/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *