Dirjen Belmawa Ajak Perguruan Tinggi Merespons Perkembangan Era Industri 4.0

Kamis, 14 Maret 2019 | 9:36 WIB


Universitas Negeri Surabaya (Unesa) bersama 22 perguruan tinggi se-Indonesia bergabung dalam kuliah tamu video conference bersama Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Prof. Ismunandar, Ph.D., yang dilaksanakan di Universitas Pasundan (Unpas) Kampus 5, Fakultas Pascasarjana dan Kedokteran, Rabu (13/3/2019).

Dalam kuliah tamu tersebut, Ismunandar menyampaikan pesan Menristekdikti, Prof. Mohamad Nasir, terkait bagaimana cara mencetak lulusan berdaya saing di era Revolusi Industri 4.0. Kegiatan yang diikuti oleh mahasiswa Program Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan ini dilaksanakan di Pusat Pengembangan Teknologi Informasi (PPTI), Gedung Rektorat lantai 3 sayap timur, Kampus Unesa Lidah Wetan.

Ismunandar menyampaikan jika perkembangan teknologi yang pesat memicu perubahan dalam berbagai hal. Berawal dari Revolusi Industri 1 dengan munculnya teknologi-teknologi canggih, kemudian disusul dengan perkembangan listrik di era Revolusi Industri 2, disusul adanya sistem komputerisasi di era Revolusi Industri 3, dan sekarang yang kita hadapi adalah Revolusi Industri 4, yang mana semua sistem berbasis internet.

“Ke depan, kita akan berteman dengan robot,” ujarnya.

Meskipun demikian, Ismunandar menekankan jika peran guru masih sangat penting, khususnya untuk memberikan pendidikan yang baik bagi generasi masa depan. Oleh karena itu, perguruan tinggi juga harus mampu mengevaluasi program studi yang dimilikinya guna menciptakan lulusan yang kompeten di bidangnya. Ke depan, penelitian dituntut untuk direalisasikan menjadi inovasi-inovasi baru guna mengimbangi perkembangan yang semakin pesat.

“Intinya dari Revolusi Industri 4.0 adalah bahwa semua serba internet. Menanggapi itu semua, Pak Menteri berpesan kepada kita untuk selalu meningkatkan kualitas lulusan, membangun sistem perguruan tinggi yang mampu merespons itu semua,” tambah Ismunandar. (ay/*)

Berita disunting dari sumber awal: https://www.unesa.ac.id/ismunandar-ajak-perguruan-tinggi-untuk-respon-perkembangan-era-revolusi-industri-40

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *