Keterampilan Guru Mesti Terus Diasah Meski Sudah Lulus PPG

Kamis, 28 Februari 2019 | 16:48 WIB


Keterampilan guru mesti terus diasah meski sudah dinyatakan lulus Program Pendidikan Profesi Guru (PPG). Sertifikat PPG menjadi pengakuan keprofesionalan pekerjaan yang ditekuni oleh guru.

Ajakan agar guru terus mengasah keterampilan disampaikan oleh Rektor Universitas Negeri Semarang (Unnes), Prof Fathur Rokhman, Kamis (28/2/2019). Ia mengatakan menjadi guru profesional adalah keniscayaan. Guru mesti adaptif terhadap perubahan dan tidak berhenti berinovasi.

Saat ini, semua bidang tidak bisa dilepaskan dari kecanggihan teknologi informasi. Untuk itu, guru juga mesti melakukan beragam inovasi agar pembelajaran yang diberikan lebih menarik minat generasi penerus bangsa. Meski demikian, ia mengakui di daerah pelosok akses terhadap kecanggihan teknologi masih sangat minim. Untuk itu, guru mesti menjadi pelita penerang yang dapat menjadikan alam dan lingkungan sebagai sumber belajar.

Dalam konteks keindonesiaan, guru berperan untuk merajut dan menanamkan jiwa kebangsaan kepada peserta didik. Oleh karena itu, Fathur mengajak agar guru memerangi berita bohong (hoaks) dan ujaran kebencian. “Kearifan menjadi kunci merajut kebangsaan,” ujarnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *