Harmoni Keberagaman, Mahasiswa PPG Unesa Lintas Iman Berkumpul dalam Khotmil Quran

Senin, 19 November 2018 | 13:43 WIB


Unesa – Surabaya, Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan Universitas Negeri Surabaya (Unesa) 2018 memiliki berbagai program kegiatan. Salah satunya adalah acara Khotmil Quran. Tidak hanya acara khotmil Quran saja, uniknya acara tersebut juga dibarengi dengan sharing bersama Perkumpulan Kristen Katolik. Acara ini diprakasai oleh divisi agama dan sosial yang dipimpin oleh Abdul Muiz dan beranggotakan Abror, Arijas, Yusri , Kiki Maria, Wulan, Dita, dan Chakiki.

Penyelenggaraan Khotmil Quran dan sharing bersama Perkumpulan Kristen Katolik dilaksanakan setiap bulan sekali untuk mempererat silaturahmi antarmahasiswa PPG Prajabatan 2018 di Unesa. Kegiatan ini dimulai sejak Oktober 2018 yang diawali dengan pembukaan dan sambutan-sambutan, kemudian peserta dibagi menjadi dua kelompok. Mahasiswa beragama Islam melaksanakan Khotmil Quran dan yang beragama Kristen-Katolik melaksanakan ibadahnya di ruangan yang berbeda.

Pada acara Khotmil Quran tanggal 15 November yang bertepatan dengan Maulid Nabi Muhammad SAW. Sehingga bentuk acara tidak hanya membaca Alquran bersama, tetapi juga membaca selawat nabi. Abdul Muiz mengatakan kegiatan Khotmil Quran memiliki banyak manfaat serta realita masih banyak yang kurang lancar membaca Alquran. Namun dengan kegiatan ini, mahasiswa PPG bisa bersama-sama belajar membaca Alquran sehingga mampu membaca Alquran lebih lancar dan dapat mengaplikasikan nilai-nilai Alquran dalam kehidupan sehari-hari.

“Diharapkan melalui kegiatan ini mahasiswa dapat menghidupkan kembali budaya membaca Alquran kelak di sekolah dan di lingkungan masing-masing. Sehingga kami tidak hanya belajar membuat perangkat pembelajaran yang baik, namun juga menjadi guru yang profesional. Dan juga untuk menjalin silaturahmi antarmahasiswa PPG dari berbagai agama,” ujarnya.

Acara Khotmil Quran dan acara perkumpulan Kristen Katolik berakhir sebelum salat Maghrib. Sambil menunggu azan Maghrib, mahasiswa menikmati suguhan dari panitia. Setelah melaksanakan salat berjamaah, semua mahasiswa kembali berkumpul dan makan bersama.

Dan acara inti adalah sharing bersama yang dipimpin oleh koordinator angkatan atau perwakilan kelas. Sharing ini membahas berbagai permasalahan selama perkuliahan maupun perencanaan kegiatan bersama seperti program liburan bersama. Selain itu, semua mahasiswa dapat mengungkapkan setiap pendapatnya dalam acara ini. Sehingga melalui acara ini dapat tercipta kebersamaan dan silaturahmi yang erat.

Hugolinus Arianto, salah satu anggota divisi agama yang beragama Katolik mengatakan bahwa suatu kebanggaan bisa berkumpul menjadi keluarga besar PPG Prajab 2018 yang memiliki berbagai latar belakang iman yang berbeda. “Saya ucapkan terima kasih banyak atas terselenggaranya acara ini yang bisa memadukan kita semua dalam satu keharmonisan yang sama. Walaupun kita beda agama namun tetap satu hati dengan tujuan yang sama. Semoga untuk ke depannya kita tetap duduk sama rendah berdiri sama tinggi dalam mempererat tali persaudaraan untuk menumbuhkan ajaran cinta kasih kepada sesama,” ujarnya.

Diharapkan acara ini dapat mempererat silaturahmi antaragama mahasiswa PPG Prajabatan. Panitia berharap semoga acara ini tidak hanya dilaksanakan di PPG saja namun dapat dilaksanakan di luar PPG. Semua mahasiswa PPG semakin saling mengasihi dan saling bersatu dalam keberagaman. (Iqomatul Chakiki, peserta PPG Prajabatan 2018/*)

Sumber : http://lp3m.unesa.ac.id/2018/11/19/khotmil-quran-dan-sharing-bersama-perkumpulan-kristen-katolik-eratkan-silaturrahmi-mahasiswa-ppg-unesa/

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *