Mahasiswa PPG Unmuh Memetik Hikmah dari KMD Pramuka

Rabu, 20 Februari 2019 | 14:22 WIB


Setelah kursus mahir dasar (KMD) Pramuka oleh mahasiswa Program Profesi Guru Universitas Muhammadiyah dilakukan selama beberapa hari, akhirnya kegiatan tersebut berakhir.

Mereka diharapkan dapat memetik hasil dari apa yang sudah diberikan oleh pembina sekaligus berbagai pengalaman yang didapat di lapangan.

Penutupan ini dilaksanakan pada pagi hari. Sebelum acara penutupan, para peserta terlebih dahulu mengikuti open forum dan evaluasi kegiatan KMD Pramuka selama 6 hari ini. Kegiatan ini didampingi oleh kak Slamet dan kak Nawawi. Kegiatan ini berlangsung kurang lebih 1 jam.

Akhirnya pada pukul 9.00, upacara penutup siap dimulai. Terlihat bapak Hatip selaku dekan FKIP Unmuh Jember menghadiri upacara tersebut. Disebelah kanan beliau, duduk dua orang yang tak asing lagi bagi kami karena merupakan salah satu pelatih KMD Pramuka, yakni kak Slamet dan kak Nawawi. Sementara itu, di deretan bangku samping di dekat bendera merah putih terlihat kak Qusyairi dan kak Anang yang siap untuk mengikuti upacara, begitupun dengan para peserta.

Tak lama, upacara penutupan ini pun dimulai. Acara demi acara telah dilaksanakan dengan baik, hingga tiba saatnya sambutan dari Kwarcab, sekertaris Kwarcab dan Dekan. Dalam sambutan, Kwarcab Jember menyampaikan kabar gembira bahwa semua peserta dinyatakan lolos dan berhak memperoleh sertifikat atas pencapaian mereka ini. Sementara itu, bapak Dekan menyampaikan pesan dalam sambutan beliau agar para peserta dapat mengembangkan pramuka yang menjadi media pembentukan karakter secara kreatif sesuai dengan zaman milenial.

Menjawab pesan pak Dekan dan Kwarcab Jember, seorang peserta mewakili seluruh peserta KMD Pramuka menyampaikan kesan selama mengikuti kursus ini. Kesan para peserta adalah bangga dan senang karena pengetahuan kepramukaan yang mereka dapatkan selama 6 hari lebih dari yang mereka dapatkan ketika 6 tahun di sekolah. Oleh karena itu, sebagai wujud syukur, ilmu yang telah didapat, akan dikembangkan ketika menjadi seorang guru kelak, sebaimana pesan bapak Dekan dan para pelatih.

Yang terakhir, kak Nawawi selaku sekretaris Kwarcab Jember menutup secara resmi kegiatan KMD Pramuka ini dengan mengucap syukur karena kegiatan ini berjalan dengan lancar dan meninggalkan kesan sangat baik.

Benar adanya, bahwa meskipun kegiatan ini telah berakhir, namun kenangan dan kesan baik selama kegiatan ini tidak akan pernah terlupakan. Bahkan, hubungan antara  panitia dan pelatih sangat baik, pelatih dan peserta pun sangat baik, sehingga hubungan ini terjalin harmonis sebagai bekal untuk kerja sama di masa yang akan datang. (Fitri Amilia-Pengelola PPG Unmuh Jember)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *