Berlatih Kecakapan, Mahasiswa PPG Universitas Muhammadiyah Siaran di RRI Jember

Rabu, 13 Februari 2019 | 15:37 WIB


Semangat berlatih para peserta didik kursus mahir dasar (KMD) guna menjadi tenaga pendidik yang profesional tetap bertahan. Minggu, 10 Februari 2019 merupakan hari ketiga pelaksanaan KMD di Universitas Muhammadiyah Jember.

Tepat pada pukul 08.00 WIB, para peserta melaksanakan kegiatan penerimaan materi dari pelatih yang dilakukan di luar ruangan. Materi yang diberikan yaitu Metode Pembina Penegak.

Kegiatan penerimaaan materi ini dilanjutkan siaran perihal kepramukaan di RRI Jember.

“Siaran yang dilakukan di RRI Jember merupakan salah satu metode untuk menyampaian materi perihal TKU (Tanda Kecakapan Umum) dan TKK (Tanda Kecakapan Khusus),” ujar kak Nawawi sebagai Pimpinan Khusus KMD.

Meskipun pada posisinya era sekarang bahwasaanya radio sudah menjadi minoritas peminat, akan tetapi metode ini bertujuan untuk menjembatani para peserta KMD yang latar belakangnya sebagai guru profesional, mereka dapat berargumentasi, dapat menjadikan salah satu metode berbicara yang akan didengar oleh banyak orang.

Sehingga dengan kegiatan siaran di radio RRI ini, tujuan utamanya yaitu mereka peserta didik dapat dapat dan mampu menjadi tenaga pendidik yang profesional dalam artian dapat membina para peserta didiknya, dapat berargumentasi, dapat berbicara dengan didengar banyak orang. Disisi lain, para peserta didik juga dikenalkan alat musik harmonika dan piano yang kemudian mereka bernyanyi dengan serempak dengan menghasilkan bunyi dengan berunsurkan estetika.

Siaran tersebut berjalan dengan lancar dan kondusif. Penerimaan materi SKU, SKK, SPG dan pelantikan penegak dimulai pukul 13.30 WIB tepat. Dalam setiap penerimaan materi, para peserta didik dituntut untuk bisa melakukan presentasi setiap kelompok dari materi yang disampaikan. Dari situ peserta didik dapat mengasah kemampuan untuk berfikir lebih dan menjadi penyemangat tersendiri dalam menerima materi. Tidak hanya menyampaikan materi, akan tetapi para peserta menunjukkan kreasi yel yel dari setiap kelompok.

“Wadah Pembinaaan Penegak merupakan materi pembuka pada malam ketiga KMD yang diterima oleh peserta PPG Universitas Muhammadiyah Jember. Metode yang diberikan oleh pelatih tidak jauh dari materi sebelumnya, yaitu para peserta didik dapat mampu mempresentasikan materi yang telah diberikan kepada setiap kelompok oleh pelatih. Dengan hal ini, dapat meningkatkan daya tarik para peserta untuk tetap aktif dan antusias terhadap materi yang disampaikan. (Fitri Amilia-Pengelola PPG Unmuh Jember)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *