Mahasiswa PPG Universitas Negeri Jakarta Ikuti Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar

Rabu, 17 Oktober 2018 | 11:16 WIB


Universitas Negeri Jakarta melalui Pusat Sertifikasi dan Pendidikan Profesi LP3M menyelenggarakan kegiatan Kursus Kemahiran Dasar (KMD) di Bumi Perkemahan (BUPERTA) Cibubur, Jakarta Timur. Kegiatan yang akan berlangsung selama 5 hari itu bekerja sama dengan Kwartir Daerah DKI Jakarta. Kegiatan dibuka dengan upacara yang dipimpin langsung oleh Wakil Kwartir Daerah DKI Jakarta.

“Kegiatan ini melibatkan 267 mahasiswa PPG SM-3T Angkatan VI, 127 mahasiswa PPG Bersubsidi Gelombang II, dan 54 mahasiswa PPG Bersubsidi Gelombang I, “ kata Dr. Khaerudin, M.Pd., saat menyampaikan laporannya sebagai ketua panitia.

Setelah upacara selesai, kegiatan dilanjutkan dengan dinamika kelompok, orientasi kursus, kontrak belajar, dan pemberian materi berupa UU GP, sejarah, dan PDK-MK. Adapun kelompok peserta dibagi ke dalam 3 (tiga) kelompok sesuai tingkatan Pembina Pramuka, yaitu Siaga (S), Penggalang (G), dan Penegak (T), yang masing-masing didampingi oleh Kakak-Kakak dari Kwarcab Jakarta Utara, Kwarcab Jakarta Timur, Kwarcab Jakarta Barat, Kwarcab Jakarta Pusat, dan Kwarcab Jakarta Selatan.

Hari kedua pelaksanaan KMD, peserta masih dibekali tentang materi jiwa, tugas, fungsi dan tugas pembina baik tingkat S/G/T dan penerapan SKU/SKK. Kakak-Kakak pembina mulai melatih praktik pembuatan simpul pramuka, morse, semapore, dan RPP serta RM pada hari ketiga hingga hari keempat.

Sebagai penutupan, pada hari kelima, peserta diajak untuk mengadakan simulasi rapat dewan satuan beserta administrasi satuan yang terkait dengan kegiatan pramuka sebagai bekal kelak menjadi pembina pramuka di sekolah masing-masing. (CN)

Editor: Dhoni Zustiyantoro

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *