Peserta KMD Pramuka Dilatih Presentasi dan Adu Gagasan

Selasa, 12 Februari 2019 | 17:01 WIB


Sabtu, 9 Februari 2019 adalah hari kedua pelaksanaan kursus mahir dasar (KMD) Pramuka di Universitas Muhammadiyah Jember. Seolah menerapkan prinsip “hari ini harus lebih baik dari hari kemarin”, para peserta mengikuti kegiatan dengan penuh semangat, lebih semangat dari hari pertama.

Semangat mereka hari ini ditunjukkan dengan bangun pagi untuk melaksanakan salat Subuh berjamaah dilanjutkan dengan olahraga. Tepat pukul 7.30, sebagai kegiatan rutin selama kegiatan KMD Pramuka, tim pelatih dan para peserta melakukan apel pagi. Kegiatan selanjutnya adalah pemberian materi oleh tim pelatih. Materi yang diberikan adalah tentang “Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan” dengan Kak Anang sebagai pemateri.

Para peserta juga diberikan tugas untuk melakukan presentasi dalam kelompok. Hal ini memberikan tantangan tersendiri bagi mereka, terlebih materi yang dipresentasikan adalah tentang kepramukaan yang dikaitkan dengan pengajaran bahasa Inggris. Yang membanggakan, ide-ide dari masing-masing kelompok sangat menarik untuk diterapkan di sekolah.

Setelah itu, tim pelatih memperkenalkan “Dunia Penegak” kepada para peserta. Dalam mengikuti kegiatan ini, para peserta antusias dan sesekali menunjukkan yel saat seorang pelatih memberikan aba-aba.

Setelah ishoma, kegiatan terakhir untuk hari ini adalah “Postur Pembina”. Dalam kegiatan ini, Kak Qusyairi adalah pendamping utama. Kemudian, sebagaimana pada hari pertama, sebagai kegiatan penutup, para peserta diberikan kesempatan untuk menuliskan pelajaran yang didapat selama satu hari dalam sebuah catatan harian yang disediakan oleh tim pelatih. Pada pukul 22.00 tim pelatih dan para peserta beristirahat agar besok dapat melaksanakan kegiatan-kegiatan dengan lebih semangat dan bermanfaat. (Fitri Amilia-Pengelola PPG Unmuh Jember)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *