Selesai PPL, Mahasiswa PPG Undiksha Diharapkan Jadi Guru Profesional

Selasa, 7 Mei 2019 | 13:34 WIB


Singaraja–Ratusan mahasiswa yang mengikuti program Praktik Pengalaman Lapangan Pendidikan Profesi Guru (PPL-PPG) Dalam Jabatan I tahun 2019 Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) diserahkan kembali oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Buleleng. Diharapkan, guru dari berbagai daerah itu bisa lebih profesional dalam menjalankan proses belajar-mengajar.

Ketua Pelaksana PPL, Dr. Dewa Bagus Sanjaya, M.Si.,menyampaikan ada 310 orang mahasiswa yang diserahkan setelah mengikuti PPL selama tiga minggu di 60 sekolah di Kabupaten Buleleng, mulai dari jenjang PAUD sampai SMA/SMK. “Mereka ini sudah mengikuti ujian kinerja. Selanjutnya harus mengikuti ujian pengetahuan minggu ini,” katanya, Senin (6/5/2019).

Wakil Rektor I Undiksha, Prof. Dr. Ida Bagus Putu Arnyana, M.Si.,mengatakan PPL sebagai salah satu strategi meningkatkan profesionalisme tenaga pengajar, sehingga nantinya dalam melahirkan peserta didik yang berkualitas. “Kami berharap melalui program ini, guru menjadi lebih profesional,” ucapnya.

Sebagai perguruan tinggi satu-satunya di Bali yang dipercaya menyelenggarakan PPG, Undiksha tetap berupaya meningkatkan kualitas program. Evaluasi dilakukan secara berkelanjutan dan dikoordinasikan dengan sekolah mitra maupun Dinas Pendidikan Pemudan dan Olahraga. “Sejauh ini memang tidak ada persoalan yang muncul. Tetapi kami tetap melakukan evaluasi agar program ini semakin baik. Untuk kelulusan juga kami harapkan bisa seratus persen,” ujarnya.

Kabid Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan Disdikpora Buleleng, Putu Sriyasa, mengapresiasi pelaksanaan PPL ini. Ia berharap PPL bisa berjalan secara berkelanjutan dan dapat meningkatkan kualitas pendidikan khususnya di Kabupaten Buleleng. “Kami sangat mendukung program ini. Semoga bisa berlanjut,” kata dia. (hms/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *