Orientasi Mahasiswa PPG 2019 Gelombang 1 Resmi Dibuka

Jumat, 8 Maret 2019 | 11:11 WIB


Kualitas guru sampai saat ini menjadi perhatian penting di negara ini. Keberadaan seorang guru menjadi elemen penting dalam kemajuan suatu bangsa.

Oleh karena itu dalam peningkatan kualitas guru di Indonesia, Rabu (6/3/2019), Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Negeri Surabaya (Unesa) melaksanakan orientasi mahasiswa PPG dalam jabatan gelombang 1 tahun 2019. Acara yang digelar di Auditorium Gedung LP3M tersebut diikuti sebanyak 398 peserta dari seluruh penjuru daerah di Indonesia.

Dalam pembacaan laporannya, Ketua Bidang Pengembangan Profesi Pendidik, Drs. Martadi, M.Sn., menjelaskan bahwa seorang guru adalah kunci dalam pembangunan bangsa. Kapasitas guru dalam mendidik, mengajar, dan melatih harus memiliki kompetensi sebagai modal pendukung pelaksanaan kegiatan guru. Oleh karena itu, Martadi berharap mahasiswa yang akan mengikuti masa orientasi dapat mengembangkan kompetensinya baik dalam materi pembelajaran, pengajaran, dan keterampilan.

“LP3M Unesa tahun ini ditunjuk kembali sebagai lembaga yang menyelenggarakan kegiatan PPG, oleh sebab itu kami berharap seluruh mahasiswa PPG gelombang 1 ini dapat memaksimalkan segala kemampuannya dalam kegiatan orientasi ini,” ujar Martadi.

Selain itu, Ketua Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu, Dr. H. Bachtiar Syaiful Bachri, M.Pd., dalam sambutannya menyampaikan kebanggaannya terhadap semangat mahasiswa PPG yang memenuhi ruangan auditorium. Bachtiar menjelaskan peserta yang mengikuti kegiatan ini tidak hanya dari Jawa melainkan dari Banda Aceh hingga Papua. Dengan banyaknya peserta dari berbagai daerah, dapat dijadikan keberagaman sesama peserta mahasiswa.

Selama masa orientasi di Unesa mahasiswa PPG dapat menikmati fasilitas yang telah disediakan oleh Unesa, Bachtiar juga menuturkan dalam proses pengembangan pendidikan, mahasiswa PPG selalu didukung dengan fasilitas yang tersedia seperti perpustakaan, sarana olahraga dan sebagainya. “Saya berharap para mahasiswa PPG dapat lulus seratus persen serta dapat berkontribusi dalam pendidikan di Indonesia,” terang Bachtiar. Di penghujung acara Bachtiar juga memperkenalkan para dekan selingkung universitas serta membuka kegiatan orientasi mahasiswa PPG gelombang 1.

Di Unnes

Sementara itu, orientasi mahasiswa PPG di Universitas Negeri Semarang (Unnes) dilaksanakan pada Selasa (5 Maret 2019), di kampus PPG Bendan Ngisor, Semarang. Kepala Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Profesi Dr Sugianto MSi mengatakan sehari sebelumnya calon mahasiswa melakukan lapor diri.

“Kegiatan lapor diri tidak bisa diwakilkan, sehingga mereka yang tidak hadir dinyatakan mengundurkan diri sebagai mahasiswa PPG,” ujarnya (why/dhz/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *