P3G UNM Kembangkan Model Pendidikan Karakter

Jumat, 25 Januari 2019 | 16:58 WIB


Makassar – Program Pengembangan Profesi Guru (P3G) Universitas Negeri Makassar menyiapkan model pembelajaran karakter bagi calon guru. Model pendidikan karakter harus dikembangkan setiap guru di tempat tugasnya.

Direktur PPG UNM, Prof Dr Muhammad Ramli Umar membuka workshop pengembangan model pendidikan karakter bagi mahasiswa program PPG di Menara Pinisi UNM, Sabtu (24/11) lalu. Workshop diikuti 85 mahasiswa program P2G UNM.

Ramli Umar mengatakan, ada tiga model pendidikan karakter yang diberikan kepada mahasiswa calon guru profesional. Ketiga model pendidikan itu adalah pendidikan karakter literasi, pendidikan karakter wawasan kebangsaan dan pendidikan karakter nilai religius.

“Ketiga model pendidikan karakter ini harus diimplementasikan setiap guru di tempat tugasnya masing-masing,” kata Ramli Umar.

Prof Dr Hasnawi Haris menjadi salah satu narasumber ahli dalam workhsop ini. Dekan Fakultas Ilmu Sosial UNM ini menyampaikan konsep pengembangan pendidikan karakter wawasan kebangsaan. Salah satunya dengan menanamkan sikap menjaga keutuhan negara republik Indonesia dan kewajiban bela negara bagi anak didik.

Hasnawi mengatakan karakter wawasan kebangsaan cukup luas. Selain sikap menjaga keutuhan NKRI, karakter wawasan kebangsaan lainnya bisa dilakukan dengan sikap meningkatkan pertahanan dan keamanan negara serta sikap patriotisme. Begitu juga dengan sikap menjaga kerukunan bangsa dengan beragam latar belakang suku dan ras atau golongan.

“Bangga sebagai bangsa Indonesia juga merupakan salah satu bentuk karakter wawasan kebangsaan,” kata Hasnawi.(pap/bkm)

Sumber: https://fajar.co.id/2018/11/28/p3g-unm-kembangkan-model-pendidikan-karakter/

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *