Jadi Pengawas Ujian, Peserta PPG Ajari Siswa Kejujuran dan Tanggung Jawab

Selasa, 12 Maret 2019 | 5:26 WIB


Mahasiswa Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan Universitas Muhammadiyah Jember diberi kepercayaan untuk menjadi pengawas Ujian Tengah Semester SMA Muhammadiyah 3 Jember.

Menurut penuturan seorang mahasiswa, Dedy Setiawan, melalui tugas mengawasi ujian ini dirinya belajar untuk objektif, jujur, dan tidak memihak. Ia berharap siswa sebagai generasi penerus bangsa menjadi pribadi yang berkarakter jujur dan bertanggung jawab.

Ujian hanya sebuah metode untuk mengukur keberhasilan pembelajaran, bukan kunci keberhasilan. Untuk itu, siswa diimbau untuk belajar dan tidak berbuat kecurangan, seperti mencontek dan melihat hasil pekerjaan teman saat ujian.

Ketiga sikap yang diamanatkan kepada mahasiswa PPG Prajabatan UM Jember sesuai dengan tujuan pendidikan nasional Indonesia, yaitu membentuk manusia Indonesia yang berbudi pekerti luhur, memiliki akhlak mulia, dan mandiri serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.

Dari tolok ukur tujuan pendidikan nasional tersebut, diharapkan mahasiswa PPG Prajabatan Unmuh Jember belajar bahwa tugas utama seorang guru adalah bagaimana membentuk karakter siswa agar memiliki kepribadian yang sejalan dengan jiwa bangsa.

(Fitri Amilia, Pengelola PPG UM Jember/*).

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *