Direktur Pembelajaran Paristiyanti: Guru Berkolaborasi, Bukan Tergantikan Teknologi

Senin, 18 Maret 2019 | 18:50 WIB


Direktur Pembelajaran Kementerian Ristekdikti Dr. Ir. Paristiyanti Nurwardani, MP., mengatakan pada era Revolusi Industri 4.0 dibutuhkan guru profesional yang mampu berkolaborasi dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi yang cepat.

“Guru nantinya berkolaborasi dengan teknologi dan internet, bukan digantikan oleh internet. Karena sumber literasi sangat melimpah, tapi perlu bekal yang memadai untuk memberi makna dan karakter atas literasi tersebut kepada para peserta didik,” kata Paristiyanti saat Kuliah Umum “Penguatan Karakter Guru Era Industri 4.0” di Kampus Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), Medan, Sabtu (16/3/2019).

Di hadapan mahasiswa FKIP dan PPG UMSU, Paristiyanti mengatakan untuk mendukung kolaborasi guru dan teknologi khususnya internet, peserta PPG membutuhkan waktu tiga bulan untuk melakukan pembelajaran daring. Artinya, mereka belajar menggunakan media-media yang ada di internet untuk mengajar. Mulai dari bahan ajar, kolaborasi literatur, sampai video conference. Supaya terpaksa, dan akhirnya terbiasa, sehingga teknologi informasi dapat memberikan dampak positif bagi peserta didik kelak.

Rektor UMSU Dr. Agussani M.AP dalam sambutan mengatakan pihaknya berkomitmen meningkatkan kualitas PPG. UMSU sudah menyiapkan sumber daya dosen sesuai ketentuan yang berlaku. Begitu juga sarana dan prasana pembelajaran, laboratorium, asrama serta sekolah mitra atau pun sekolah laboratorium sebagaimana yang dipersyaratkan pemerintah.

“Tentunya kepercayaan ini patut kita syukuri karena tahapan seleksi penentuan penyelenggara PPG cukup ketat dilakukan oleh Kemenristekdikti,” kata Rektor.

Menurut Rektor Dr Agussani, sebagaimana diketahui pelaksanaan pendidikan profesi ini merupakan amanah Undang-Undang Guru dan Dosen No. 14 tahun 2005 dan Permenristekdikti No 55 tahun 2017 tentang Standar Pendidikan Guru, dan Program Pelaksanaan Pendidikan Profesi Guru yang mana pelaksanaan PPG meliputi PPG dalam jabatan dan PPG prajabatan (mandiri).

Hadir pada kuliah umum Dekanat FKIP UMSU, Ka. BAAD Mara Doly S.Pd M.Pd serta para mahasiswa PPG dan FKIP UMSU. (Asrar/*)

Sumber: http://ppg.umsu.ac.id/penguatan-karakter-guru-era-industri-4-0/

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *