Peringati Hari Batik Nasional, Mahasiwa PPG Prajabatan UAD Membatik Teknik Colet

Senin, 8 Oktober 2018 | 14:49 WIB


Dalam rangka memperingati hari batik nasional, Program PPG UAD bekerjasama dengan Taman Pintar Yogyakarta menyelenggarakan Workshop Membatik Teknik Colet, Sabtu (6/10/2018) bertempat di Zona Kreasi Batik Taman Pintar. Kegitan ini diikuti mahasiswa PPG Prajabatan bidang PGSD, yang bertujuan untuk melestarikan warisan budaya asli bangsa Indonesia serta membekali mahasiswa sebagai calon guru Sekolah Dasar. Mahasiswa diajarkan teknik mencanting, pewarnaan colet dan fiksasi warna serta peluruhan malam.

Langkah awal adalah menggambar pola batik menggunakan pensil sesuai dengan motif yang diinginkan pada kain, kemudian dilanjutkan dengan proses mencanting. Proses canting dimaksudkan untuk membuat bagian tertentu tidak ikut mendapatkan pewarnaan. Proses ini membutuhkan ketelitian serta kesabaran, agar mendapatkan hasil yang indah sesuai dengan pola yang didesain. Teknik colet, merupakan teknik pewarnaan batik dengan menyapukan zat warna dengan kuas. Pola yang dibentuk oleh coretan malam berfungsi sebagai pembatas warna, ketika kuas yang sudah dicelup zat warna disapukan di dalam pola tersebut sehingga warna tidak meleber ke bagian lain karena dibatasi oleh malam tersebut. Setelah pewarnaan maka kain dijemur hingga kering dan tahap akhir kain tersebut di celup pada warna yang akan menjadi dasar batik. Tahap akhir dari proses membatik teknik colet adalah ngelorod. Tahap ini merupakan melepas malam dengan cara memasukkan kain ke air mendidih.

Teknik membatik pewarnaan colet di Taman Pintar memberikan tambahan wawasan mahasiswa tentang teknik pewarnaan batik dan teknik ini mudah untuk diimplementasikan ketika mengajar siswa sekolah dasar. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *