Peserta PPG Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong Ikuti Pendidikan Karakter

Rabu, 23 Januari 2019 | 14:36 WIB


Sebanyak 42 peserta Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan Bersubsidi di Tahun 2018 Universitas Pendidikan Muhammadiyah (Unimuda) Sorong, mengikuti Pendidikan Karakter di Markas Komando TNI-AD – Detasemen Zeni Tempur 13 Pawbili Pelle Alang (PPA) Sorong Papua Barat selama 5 hari, 21-25 November 2018.

Pendidikan Karakter dengan fokus pembinaan mental, disiplin dan sikap nasionalisme tersebut, diampu oleh 7 prajurit Denzipur 13/PPA Sorong. System pelatihan tersebut dilakukan karena sebagai calon pendidik, peserta PPG juga mempunyai kewajiban untuk menjaga keutuhan NKRI melalui bidangnya.

Rektor Unimuda Sorong, Dr. Rustamadji,MSi kepada para peserta menyampaikan selamat ‘bersenang-senang’ dalam mengikuti kegiatan Pendidikan Karakter tersebut. Karena menurutnya, segala sesuatu jika didasari dengan rasa senang, maka harapan, tujuan serta impian akan tercapai.  “Banyak karya-karya besar di dunia itu adalah hasil capaian dari orang-orang yang mencintai pekerjaannya dan tentunya mereka juga bersenang-senang dalam menjalankan aktivitas itu. Begitu juga dengan kegiatan ini, saya harap semua bisa mencintai dan bersenang-senang dalam mengikutinya,” ungkap Rektor Unimuda Sorong.

Dia berharap agar peserta mengikuti pelatihan pendidikan karakter dengan sungguh-sungguh. Momentum tersebut juga berguna untuk merevitalisasi semangat kebersamaan, mempunyai disiplin yang tinggi, loyalitas terhadap pekerjaan, bertanggungjawab dengan apa yang dikerjakan, dan memupuk jiwa patriotisme yang tinggi.

Melalui sistem pendidikan nasional yang baik, perlu diteguhkan kembali komitmen kepada seluruh peserta pendidikan karakter untuk selalu mempertahankan empat pilar yang menjadi konsensus dasar bangsa Indonesia dalam berbangsa dan bernegara yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika.

Tim Pengelola PPG Bidang Pembelajaran, Mukhlas Triono,M.Pd dalam prakatanya menyampaikan, program tersebut merupakan suplemen sekaligus pilot program bagi para peserta PPG Prajabatan Bersubsidi yang sedang menempuh pendidikan di Unimuda Sorong selama 1 tahun. 

Program Pendidikan Karakter ini merupakan program kerjasama antara Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (BELMAWA) Kemenristek Dikti Republik Indonesia melalui program Pengembangan Model Pendidikan Karakter (PMPK) Mahasiswa Program Pendidikan Profesi Guru di LPTK Tahun 2018.

“Khususnya yang bersubsidi untuk pengembangan model pendidikan berkarakter bagi peserta PPG di Indonesia. Syukur Alhamdulillah, Unimuda Sorong terpilih sebagai LPTK di Indonesia sekaligus mewakili LPTK di Kawasan Timur Indonesia yang mendapat amanah untuk mengembangkan program ini,” jelasnya.

Ditambahkannya, tujuan jangka pendek dari pengembangan model pendidikan karakter ini dalam rangka penguatan pendidikan karakter bagi mahasiswa PPG Prajabatan di Unimuda Sorong dengan menumbuhkan sikap disiplin dan semangat nasionalisme. 

Adapun tujuan jangka panjang yaitu mendapatkan model pengembangan pendidikan yang ideal dan terukur, serta dapat diterapkan secara bersama oleh LPTK dalam rangka menumbuhkan karakter pendidik yang sesuai dengan tujuan pendidikan bagi mahasiswa peserta PPG Prajabatan. 

Mengingat program PPG adalah sebagai jembatan pendidikan untuk menjadi seorang guru profesional dan kedepanya juga PPG akan menjadi syarat untuk melamar CPNS formasi guru, maka Unimuda Sorong sangat konsen dalam menyelenggarakan program PPG.  

Saat ini, Unimuda Sorong sedang melaksanakan 2 program PPG, PPG Prajabatan Bersubsidi dan PPG Prajabatan 3T yang beasiswa penuh dari Belmawa Kemenristek Dikti dan berasrama selama 1 tahun.   

Turut hadir Pimpinan Unimuda Sorong pada pembukaan tersebut yaitu Rektor Unimuda Sorong Dr.Rustamadji,MSi, Wakil Rektor Doni Sudibyo,MPd, Dekan FKIP Heny Sri Astutik,MPd, dan Kepala Biro Akademik dalam ini sebagai Tim Pengelola PPG Unimuda Sorong Bidang Pembelajaran, Mukhlas Triono,MPd.(***/nam)

Dimuat di: http://www.radarsorongnews.com/2018/12/19/42-peserta-ppg-unimuda-ikuti-pendidikan-karakter-di-mako-denzipur/

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *