Tak Hanya Wajib, Uji Kinerja Jadi Penentu Kelulusan Peserta PPG

Kamis, 29 November 2018 | 13:01 WIB


Sekretaris Pendidikan Profesi Guru (PPG) Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha), Bali, Dr. I Wayan Widiana, M.Pd., memberikan pengarahan kepada peserta PPG, 11 November 2018. Ia memberikan pengarahan kepada peserta PPG khususnya Dalam Jabatan Tahap II dan Gurdasus yang akan mengikuti Ukin.

Dalam paparannya Wayan menyampaikan bahwa Ukin merupakan kegiatan wajib yang menentukan kelulusan selain uji pengetahuan (UP) dan kegiatan pembelajaran PPG lainnya. Ia mengatakan semua peserta PPG mesti mengikuti Ukin dengan sungguh-sungguh sehingga bisa lulus dan memperoleh sertifikat PPG.

Selain itu, ditekankan juga hal-hal teknis dan admnistrasi seperti unduh instrumen sesuai bidang studi, mematuhi tata tertib Ukin, mengenakan identitas peserta Ukin, serta memakai seragam atasan putih dan bawahan hitam.

Dr. Yuni Pantiwati, M.Pd. yang ditugaskan oleh Direktorat Penjaminan Mutu memberikan pengarahan kepada penguji, baik dari dosen maupun guru yang sudah ditempatkan sebagai penguji pada saat pelaksanaan Ukin. Ada beberapa hal yang ditekankan. Pertama, teknis persiapan dan kelayakan Ukin sudah dilakukan oleh panitia PPG dengan berkoordinasi dengan sekolah dan dilakukan penempatan peserta dan penguji Ukin.

Kedua, pengisian instrumen penilaian yang dilakukan secara online.Dalam melaksanakan tugasnya setelah menguji dan mengawasi pelaksanaan Ukin, penguji mengisi formulir penilaian secara mandiri melalui sistem dengan akun yang sudah diberikan oleh admin. Ketiga, penguji dibuatkan surat tugas untuk legalisasi dan administrasi.Y ang memiliki kelayakan sebagai penguji adalah dosen dan guru yang sudah memiliki nomor registrasi penguji (NRP). Kelima memperhatikan dan mengikuti tata tertib pelaksanaan Ukin.

Setelah melalui persiapan yang padat, peserta PPG Dalam Jabatan Tahap II dan PPG Gurdasus Universitas Pendidikan Ganesha mengikuti UKin yang dilaksanakan 21—24 November 2018. Padatnya kegiatan sekolah dan terbatasnya guru dan dosen yang memiliki NRP menyebabkan panitia sedikit kewalahan menentukan penguji ditambah beberapa penguji yang berhalangan. Dengan kerja keras dan upaya ekstra, penempatan peserta dan penguji Ukin dapat diselesaikan dan Ukin bisa terlaksana dengan baik.(Gus Anom/Undiksha/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *