Unimed Bekali 102 Peserta PPG Prajabatan Bersubsidi Agar Sukses PPL

Sabtu, 19 Januari 2019 | 14:19 WIB


Universitas Negeri Medan (Unimed) mengadakan Pembekalan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) kepada peserta Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan Bersubsidi. Kegiatan ini dilakukan guna memberikan pembekalan terhadap seluruh peserta yang akan segera melakukan PPL di sekolah mitra. Kegiatan Pembekalan PPL dilakukan di Ruang Seminar Digital Library Unimed, Kamis (17/01/19).

Turut hadir dalam acara pembekalan tersebut, Wakil Rektor I Prof. Dr. Abdul Hamid K., M.Pd., Wakil Rektor III Prof. Dr. Sahat Siagian, M.Pd., Wakil Rektor IV Prof. Manihar Situmorang, M.Sc.,Ph.D, Dekan dan Ketua Prodi di lingkungan Unimed, Kepala Sekolah masing-masing Sekolah Mitra dan Dosen Pembimbing Lapangan dan Guru Pamong.

Dalam laporannya selaku Koordinator PPG, Dr. Abil Mansyur, S.Si., M.Si. mengatakan sebanyak 102 peserta Prajabatan Bersubsidi terbagi dalam lima program studi yaitu, Pendidikan Bahasa Inggris (21 orang), Pendidikan Matematika (22 orang), Bimbingan Konseling (20 orang), Pendidikan Teknik Mesin (18 orang) dan Pendidikan Teknik Otomotif (21 orang).

Keluruhan peserta PPG Prajabatan bersubsidi ini akan melaksanakan PPL di 14 sekolah mitra yang ada di Kota Medan dan kabupaten Deli Serdang. 14 sekolah mitra tersebut adalah SMAN 3 Medan, SMAN 11 Medan, SMAN 14 Medan, SMAN 6 Medan, MAN 1 Medan, SMKN 2 Medan, SMKS TELADAN Medan, SMKS MANDIRI Medan, SMKN 1 Percut Sei Tuan, SMPN 29 Medan, MTsN 2 Medan, SMPN 27 Medan, SMPN 23 Medan dan SMPN 35 Medan.

Wakil Rektor I Unimed Prof. Dr. Abdul Hamid K., M.Pd., menyampaikan, peserta yang mengikuti PPL ini diharapkan dapat mengubah dua hal. Pertama, mengubah cara berpikir para murid (way of thinking), karena cara berpikir merupakan persoalan terbesar bangsa ini. Kedua, para peserta harus bisa membangun kreativitas dengan mengajari para murid mengamati, berdasarkan pengamatan yang dilakukan para murid ajari mereka bertanya. Ketiga, mengajari cara mengumpulkan data dengan mengetahui cara mengumpulkan data para murid bisa mulai menganalisis, berpikir setelah itu menciptakan sesuatu yang baru.

“Saat ini para guru sedang mengajar generasi milenial, oleh karena itu seorang guru wajib mengerti teknologi cara belajarnya harus diubah, bagi yang masih menggunakan cara belajar yang konvensional. Dengan PPL ini para guru dapat mengembangkan cara pembelajarannya yaitu seorang guru harus mengerti content technology knowledge, teknologi yang berhubungan dan berkembang sesuai dengan pelajarannya, kita harus bisa mengemas materi berbasis teknologi karena murid yang kita ajarkan akan hidup di masa depan yang semuanya berbasis teknologi,” ujarnya. (Humas Unimed/bg/*).

Sumber:https://www.unimed.ac.id/2019/01/18/unimed-bekali-peserta-ppg-agar-sukses-ppl/

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *