UNIMED Beri Pelatihan Instruktur Aplikasi Jaringan PPG Dalam Jabatan Tahap II Tahun 2019

Rabu, 22 Mei 2019 | 11:26 WIB


MEDAN – Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan Tahun 2019 Tahap II dijadwalkan akan dilaksanakan pada tanggal 08 April s.d 16 Agustus 2019. Dalam pelaksanaannya instruktur dibutuhkan untuk menjadi fasilitator bagi peserta PPG dalam pengembangan perangkat pembelajaran. UNIMED untuk menyamakan persepsi antar sesama intruktur yang akan bertugas mengadakan kegiatan pembekalan instruktur Lokakarya Dalam Jaringan PPG Dalam Jabatan Tahap II Tahun 2019 di Ruang Sidang A lt. 3 Biro Rektor UNIMED (22/05/2019).

Acara ini dihadiri oleh Wakil Rektor III Prof. Dr. Sahat Siagian, M. Pd, seluruh Dekan, Direktur Pascasarjana, Wakil Dekan, Ketua Jurusan, Ketuan Prodi serta Instruktur Pembelajaran Daring PPG Daljab Tahap II dan Tim PPG Unimed.

Wakil Rektor II Dr. Restu M.Si, dalam sambutannya menyampaikan  “Bahwa pada pelaksanaan Lokakarya dalam jaringan PPG dalam jabatan Tahap II Tahun 2019, menyadari  bahwa dalam pelaksanaanya pembelajaran dalam jaringan ini nantinya akan cukup melelahkan. Oleh karena itu berharap dapat melaksanakan tugas mulia ini dengan rasa syukur dan ikhlas agar kelelahan akan menjadi sebuah kemuliaan yang tentunya akan bernilai ibadah.

Pelaksanaan Loka karya dalam jaringan ini akan menggunakan aplikasi yang telah disiapkan oleh kementerian riset, teknologi dan pendidikan tinggi yang merupakan pengembangan aplikasi yang telah digunakan pada pelaksaan PPG dalam Jabatan pada tahunn 2018 lalu. Untuk menyamakan persepsi antar sesama instruktur yang akan bertugas perlu untuk melakukan simulasi tentang penggunaan aplikasi yang dikemas dalam kegiatan pembekalan instruktur Lokakarya Dalam Jaringan PPG Dalam Jabatan Tahap II Tahun 2019.

Koordinator PPG Unimed, Dr. Abil Mansyur, M.Si, mengatakan, rangkaian pelaksanaan PPG Dalam Jabatan ini meliputi Pendalaman Materi Dalam Jaringan, Lokakarya, PPL, Uji Pengetahuan, dan Uji Kerja. Pada tahap II ini, Unimed akan melaksanakan PPG Dalam Jabatan untuk bidang studi Guru Kelas TK/PAUD (2 kelas), Guru Kelas SD (7 kelas), Pkn (1 kelas) Bahasa Inggris (3 kelas), Matematika (1 kelas), Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (2 kelas), jadi total kelas ada 16 kelas.

Dijelaskan Abil, Tahapan Lokakarya pada pelaksanaan PPG Dalam jabatan tahap II  akan dibagi menjadi 2 (dua) bagian yaitu Lokakarya yang dilakukan Dalam Jaringan (3 SKS ) dan Lokakarya yang dilakukan dengan tatap muka didalam kelas (5 SKS). Pelaksanaan Lokakarya dalam jaringan ini dijadwalkan akan dilaksanakan pada tanggal 20 Mei s.d 27 Juni 2019”,

Pada tahapan ini peserta PPG akan mengembangkan perangkat pembelajaran yang meliputi: 1. ) pengembangan RPP; 2) pengembangan Bahan Ajar; 3) pengembangan Media Pembelajaran; 4) pengembangan Lembar kerja peserta didik (LKPD); 5) pengembangan instrument evaluasi. Masing- masing kelas akan difasilitasi oleh 6 orang instruktur. Dalam pelaksanaanya instruktur ini akan menjadi fasilitator  bagi peserta PPG dalam diskusi pengembangan perangkat, memberikan koreksi dan masukan untuk perbaikan perangkat pembelajaran dan finalisasi penyusunan perangkat pembelajaran.(Humas Unimed/ms)

sumber: https://www.unimed.ac.id/2019/05/22/unimed-beri-pelatihan-instruktur-aplikasi-jaringan-ppg-dalam-jabatan-tahap-ii-tahun-2019/

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *