Unimed Lanjutkan PPG Daring Tahap II 2019

Minggu, 14 April 2019 | 18:01 WIB


MEDAN – Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan tahap II resmi dimulai hari ini, 8 April 2019. Dijadwalkan, perkuliahan tersebut akan berakhir 16 Agustus 2019. Hal ini terungkap dalam acara “Penyamaan Persepsi Instruktur PPG Dalam Jabatan Pembelajaran Daring Tahap II”, yang digelar di Digital Library Unimed, Senin (8/4/2019).

Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Abdul Hamid K., M.Pd mengatakan akan terus memantau proses pembelajaran daring serta melakukan evaluasi. “Kita telah melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan PPG Daring Tahap I. Hasil evaluasi tersebut yang kemudian kita gunakan untuk perbaikan di tahap II,”, ujarnya.

Dijelaskan Prof. Hamid, pembelajaran daring merupakan salah satu solusi pembelajaran di era revolusi 4.0. Oleh sebab itu, Unimed gencar mendorong dosen dan mahasiswa untuk belajar daring. “Optimalisasi PPG Daring ini juga sebenarnya sebagai respon kita untuk memaksimalkan pembelajaran daring yang bukan hanya di Unimed, tetapi juga secara nasional”, terangnya.

Sementara itu, Koordinator PPG Unimed, Dr. Abil Mansyur, M.Si, mengatakan, pada tahap II ini, Unimed akan melaksanakan PPG Dalam Jabatan dengan model daring untuk bidang Guru TK/PAUD (2 kelas), Guru Kelas SD (7 kelas), Pendidikan Kewarganegaraan (1 kelas), Bahasa Inggris (3 kelas), Matematika (1 kelas), Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (2 kelas).

Dijelaskan Abil, pada tahap awal dari 8 april hingga 27 Juni 2019, peserta diberikan materi tentang Pendidikan dan Profesi Pendidik dengan beban 4 SKS menggunakan 6 modul. Disamping itu, akan dilakukan Pendalaman Materi Bidang Studi dengan bobot 6 SKS dengan menggunakan 6 modul. Kemudian ditambahkan dengan Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan bobot 3 SKS.

“Masing-masing kelas akan difasilitasi oleh 3 orang instruktur untuk Profesi Pendidik, 6 instruktur untuk Pendalaman Bidang Studi, dan 4 instruktur untuk Pengambangan Perangkat Pembelajaran”, ujar Abil.

Peserta yang lulus tahap pembelajaran daring akan diberikan kesempatan untuk mengikuti lokakarya selama 3 minggu di Universitas Negeri Medan. Rangkaian pelaksanaan PPG Dalam Jabatan ini meliputi Pendalaman Materi dalam Jaringan, Lokakarya, PPL, Uji Pengetahuan, dan Uji Kinerja. Jika lulus semua tahapan tersebut, maka peserta berhak mendapatkan Sertifikat Profesi Guru.(Humas Unimed/dl)

Sumber: https://www.unimed.ac.id/2019/04/08/unimed-lanjutkan-ppg-daring-tahap-ii-2019/

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *