UNIMED Lepas Mahasiswa PPG Prajabatan Bersubsidi Angkatan III 2019

Selasa, 21 Mei 2019 | 11:28 WIB


MEDAN – UNIMED melaksanakan pelepasan mahasiswa PPG Prajabatan Bersubsidi Angkatan III tahun 2019 yang dilaksanakan di Digital Library Lt.IV Unimed, Selasa (21/5). Acara ini dihadiri oleh Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M. Pd, Wakil Rektor I Prof. Dr. Abdul Hamid. K,. M. Pd, Wakil Rektor III Prof. Dr. Sahat Siagian, M. Pd, Wakil Rektor IV Prof. Manihar Situmorang, M.Sc., Ph.D, Dekan, Wakil Dekan I, Ketua Prodi Pelaksana PPG Prajabtan Bersubsidi, serta mahasiswa PPG Prajabatan Bersubidi Tahun 2019.

Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M. Pd. dalam sambutannya menyampaikan “bahwa Tingkat berfikir paling tinggi level 6 dan tingkat berfikir paling rendah level 1. Persoalan pembelajaran di Indonesia menduduki paling tinggi Level 3, dikarenakan kurangnya cara berfikir dan perilaku yang tidak menggembirakan serta guru yang tidak mampu menyelenggarakan pembelajaran Higher Order Thingking Skill. Maksudnya, Guru cenderung membuat soal yang mencari jawaban yang benar. Dan bangsa yang maju seharusnya memiliki cara berfikir yang bagus, semakin tinggi pendidikanya akan semakin bagus berbicara, berfikir, berprilaku dan berdemokrasi serta akan semakin bagus berbangsa dan bernegara. Orang terdidik juga memiliki kesadaran yang tinggi dalam bersosial,”.

Lanjut Prof. Syawal, “Kesimpulannya pendidikan kita gagal menanamkan cara berfikir yang baik, gagal menanamkan nilai karakter. Walaupun bukan hanya pendidikan penyebabnya tapi salah satu diantaranya, makanya disini yang diperbaiki dari gurunya. Guru adalah profesi, profesi diperoleh dengan pendidikan khusus salah satunya PPG. Setelah mengikuti PPG ini rubahlah cara berfikir dengan mengajarkan Higher Order Thingking Skill bagi siswanya, agar nantinya dapat menghasilkan generasi yang memiliki Kreativitas yang tinggi , berkarakter serta memiliki kesadaran dalam bersosial,”.

Koordinator PPG Unimed, Dr. Abil Mansyur, M.Si, mengatakan, setelah mengikuti tahapan PPG Prajabatan bersubsidi Angkatan III, pada hari ini akan dilakukan acara pelepasan sebagai tandabahwa seluruh peserta PPG Prajabatan Bersubsidi Angkatan III telah selesai mengikuti kegiatan PPG selama 1 (satu) Tahun dan akan kembali kedaerahnya masing-masing. Acara pelepasan ini merupakan acara yang telah di programkan oleh Kemenristekdikti sebagai bagian yang menyatu pada pelaksanaan PPG Prajabatan Bersubsidi Angkatan III.

Dijelaskan Abil, peserta PPG Prajabatan Bersubsidi Angkatan III yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 102 peserta yang terbagi kepada 5 (lima) Program Studi Bahasa Inggris, Matematika, Bimbingan Konseling, Otomotif dan Teknik Mesin. peserta PPG Prajabatan Bersubsidi Angkatan III telah selesai mengikuti UKMPPG yang meliputi Uji Pengetahuan dan Uji Kinerja. Namun status kelulusan mengikuti UKMPPG tersebut hingga kini hasinya masih menunggu dari panitia pusat. (Humas Unimed/nl)

sumber: https://www.unimed.ac.id/2019/05/21/unimed-lepas-mahasiswa-ppg-prajabatan-bersubsidi-angkatan-iii-2019/

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *