Universitas Muhammadiyah Jember Adakan KMD Pramuka, Lengkapi Kompetensi Guru

Senin, 11 Februari 2019 | 14:39 WIB


Untuk menuntaskan semua program kegiatan di Program Pendidikan Profesi Guru (PPG), Universitas Muhammadiyah Jember menghelat kegiatan penutup dari rangkaian kegiatan kursus mahir dasar (KMD), 8–13 Februari 2019.

Sebelumnya, KMD dengan tema teknologi pembelajaran telah dilaksanakan. Kini, giliran KMD Pramuka diselenggarakan untuk memenuhi tuntutan kualitas calon guru profesional. Kegiatan KMD Pramuka bekerja sama dengan Kwartir Cabang Jember dan Pusat Pendidikan dan Pelatihan Cabang Jember.

Kegiatan KMD Pramuka pada hari ke-1 diawali dengan mendirikan tenda pada pukul 09.00 pagi setelah para peserta melakukan registrasi. Kegiatan mendirikan tenda didampingi oleh Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Jember. Kegiatan ini berakhir pada pukul 11.00 dan dilanjutkan dengan ishoma yang diawali dengan sholat Jum’at di masjid Universitas Muhammadiyah Jember. Ishoma berakhir pada pukul 13.00. 30 menit setelah ishoma, para peserta melakukan gladi bersih untuk upacara pembukaan kegiatan KMD PPG 2019. Akhirnya, pada pukul 13.30-14.30, upacara pembukaan yang dihadiri pula oleh Dekan FKIP Universitas Muhammadiyah Jember terlaksana dengan baik.

Setelah upacara pembukaan, para peserta mengikuti pre-test dan orientasi kursus hingga pukul 16.00. Kegiatan ini didampingi oleh tim pelatih. Pada pukul 16.00, kegiatan dinamika kelompok dimulai. Tim pelatih membagi para peserta dalam 4 kelompok. Kegiatan yang bertujuan untuk membentuk kerjasama dalam kelompok  ini dilaksanakan indoor karena cuaca yang tidak mendukung. Tetapi hal ini tidak menjadi hambatan bagi para peserta untuk tetap bersemangat mengikuti kegiatan demi kegiatan dalam dinamika kelompok. Kegiatan-kegiatan dalam dinamika ini meliputi bermain, bernyanyi dan kegiatan seru lainnya.

Pada malam harinya, tim pelatih mengajak para peserta untuk mendiskusikan kontrak belajar dilanjutkan dengan pemberian materi tentang fundamental gerakan pramuka. Kemudian, sebagai kegiatan penutup hari ke 1, refleksi harian dilakukan. Kegiatan penutup ini memberikan kesempatan bagi para peserta untuk menuliskan pelajaran yang didapat selama satu hari dalam sebuah catatan harian yang disediakan oleh tim pelatih. Pada pukul 22.00 tim pelatih dan para peserta beristirahat. Kegiatan ini menjadi ajang memenuhi empat kompetensi guru, khususnya sikap dan kepribadian. (Fitri Amilia-Pengelola PPG Unmuh Jember)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *