Waspada Penipuan Atas Nama Pengelola PPG Meminta Sejumlah Uang

Kamis, 7 Februari 2019 | 14:29 WIB


Ilustrasi penipuan. riauonline.co.id

Masyarakat diimbau untuk waspada terhadap penipuan mengatasnamakan pengelola Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang meminta sejumlah uang agar bisa lulus Uji Kompetensi Mahasiswa PPG (Uji Pengetahuan/UP dan Uji Kinerja/Ukin). Semua informasi terkait PPG diumumkan secara resmi oleh panitia pusat maupun LPTK (lembaga pendidikan tenaga kependidikan) setempat, baik melalui surat maupun laman website resmi.

Berdasar informasi yang dihimpun, beberapa waktu belakangan sejumlah peserta uji PPG mengaku ditelepon oleh orang tak dikenal yang mengatasnamakan ketua lembaga yang mengelola PPG di kampus setempat. Penelepon menginformasikan jika peserta dinyatakan tidak lulus Ukin PPG dan mesti membayar sejumlah uang jika ingin mendapat nilai yang memenuhi syarat kelulusan.

“Pelepon tersebut menawarkan membantu saya untuk lulus Ukin sebelum hasilnya diumumkan di website,” ujar salah satu sumber.

Atas kejadian tersebut, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristek dan Dikti sebagai pengelola PPG di pusat mengimbau agar masyarakat terutama peserta PPG berhati-hati dan tidak mempercayai iming-iming yang menjanjikan berbagai kemudahan terkait seleksi maupun uji PPG.

Panitia juga tidak pernah meminta dalam bentuk apa pun di luar biaya resmi yang sudah ditetapkan. Pola komunikasi yang digunakan adalah formal dan berdasar ketentuan institusi, bukan komunikasi pribadi melalui telepon atau pesan pendek.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *